Telan Biaya Rp315 Miliar, Begini Konsep Gedung Baru KPK

Selasa, 29 Desember 2015 - 11:06 WIB
Telan Biaya Rp315 Miliar, Begini Konsep Gedung Baru KPK
Telan Biaya Rp315 Miliar, Begini Konsep Gedung Baru KPK
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memiliki gedung baru yang berlokasi di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Pembangunan gedung tersebut menelan biaya sebesar Rp315 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN).

Ketua KPK Agus Rahardjo mengungkapkan gedung baru KPK terealisasi berkat dari dukungan seluruh komponen masyarakat. Dia menjelaskan rencana pembangunan gedung telah digagas sejak tahun 2008.

"Masih lekat dalam ingatan kita, ada gerakan saweran KPK atau koin untuk KPK, sebuah keinginan dan niat dari seluruh lapisan masyarakat yang mendukung KPK demi berdirinya gedung ini," tutur Agus saat memberikan sambutan pada acara peresmian Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (29/12/2015).

Dia berharap gedung baru akan memberikan semangat baru dalam pemberantasan korupsi. (Baca juga: Jokowi: Tantangan KPK Semakin Berat)

Agus mengaku akan mengedepankan model pemberantasan korupsi yang akuntabel, berintegritas dan bertanggung jawab.

Gedung baru KPK dibangun di atas lahan seluas 8.663 meter per segi yang terdiri atas 16 lantai dengan konsep secure, smart dan green.

Agus mengatakan, konsep smart diwujudkan dengan penggunaan sistem keamanan terintegritas berupa kamera pengawas, pengendali pintu masuk, sistem manajemen pengunjung, serta pengamanan.

Dia menambahkan, gedung juga dilengkapi building otomation system yang mampu mengendalikan semua aktivitas peralatan utama dan penunjang di dalam gedung.

"Sedangkan konsep green diwujudkan dengan mengedepankan penghematan penggunaan energi energi. Misalnya penggunaan air hujan untuk keperluan toilet dan penyiraman tanaman," tuturnya.


PILIHAN:

Ruki Ingin KPK Semakin Kuat
(dam)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1557 seconds (11.210#12.26)