FKPT Jadi Andalan BNPT Monitor Gerakan Terorisme

Selasa, 15 Desember 2015 - 17:47 WIB
FKPT Jadi Andalan BNPT Monitor Gerakan Terorisme
FKPT Jadi Andalan BNPT Monitor Gerakan Terorisme
A A A
JAKARTA - Kehadiran Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) diharapkan bersinergi dengan berbagai lembaga dan instansi terkait agar lebih maksimal dalam memonitor pergerakan dan ancaman radikalisme dan terorisme di masing-masing daerah.

FKPT juga harus mampu mengelola programnya dengan baik, karena menjadi andalan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di daerah dan garda terdepan dengan senjata kearifan lokal dalam mencegah kemungkinan aksi terorisme di Indonesia.

"FKPT berperan dalam membantu memonitor, memantau, apa masukan dari masing-masing daerah,” ujar Kepala BNPT Komjen (Pol) Saud Usman Nasution pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) FKPT 2015 dalam bentuk bentuk siaran persnya yang diterima Sindonews, Selasa (15/12/2015).

Dia mencontohkan, cara bertindak pelaku teror di Makassar dan Jakarta tidak sama. Maka itu, kata dia diperlukan kearifan lokal.

“Langkah kita ke depan, harus meniadakan kesempatan, supaya mereka tidak bisa berbuat. Syukur-syukur kita bisa mengubah mindset mereka dan ideologi mereka. Bagaimanapun kerasnya seseorang, pasti ada titik lemahnya,” ucapnya.

Deputi I BNPT Mayjen (TNI) Agus Surya Bakti menambahkan, FKPT harus solid dalam menjalankan program pencegahan terorisme, karena sejalan dengan visi misi BNPT.

“Itu artinya FKPT dituntut meningkatkan kinerjanya dalam membangun bangsa ini, melalui pencegahan terorisme,” tukas Agus.

Baca: Polri Masih Selidiki Dugaan Ancaman Teroris Santoso.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4594 seconds (0.1#10.140)