Temui Jokowi, Presiden Finlandia Sampaikan Belasungkawa Asap

Selasa, 03 November 2015 - 22:22 WIB
Temui Jokowi, Presiden Finlandia Sampaikan Belasungkawa Asap
Temui Jokowi, Presiden Finlandia Sampaikan Belasungkawa Asap
A A A
JAKARTA - Presiden Finlandia Sauli Niinisto melakukan kunjugan kenegaraan ke Indonesia. Menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Sauli Niinisto menyampaikan belasungkawa atas bencana asap yang melanda Sumatera dan Kalimantan.

Sauli Niinisto mengaku sedih mendengar bencana asap karena kebakaran hutan tersebut. "Atas nama masyarakat Finlandia, saya mengucapkan bela sungkawa sedalamnya-dalamnya," katanya saat jumpa pers usai pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/11/2015).

Sauli Niinisto juga menyampaikan terima kasih atas keramahtamahan yang diberikan kepadanya, istrinya beserta delegasinya. Dia mengungkapkan, hubungan antara Indonesia dengan Finlandia sangat dekat.

"Hubungan kerja sama kita berdasar atas tradisi yang telah lama terjalin, 61 tahun. Salah satu pencapaian penting adalah perjanjian Helsinski mengenai perdamaian Aceh," ungkapnya.

Presiden Jokowi juga berharap hubungan yang terjalin selama 61 tahun itu bisa semakin baik dan bermanfaat bagi kedua negara. Mengenai kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Finlandia terbagi dalam tiga bidang. "Pertama, peningkatan ekonomi, terutama energi dan ekonomi digital, kedua dalam konteks uni eropa, ketiga, promosi perdamaian dunia," kata Presiden Jokowi saat mengawali pertemuan tersebut.

Sejumlah jajaran kabinet kerja hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan itu. Sebelum pertemuan dilakukan, upacara penyambutan Presiden Republik Finlandia Sauli Niinisto dilakukan di halaman Istana Merdeka. 21 dentuman meriam mengiringi lagu kebangsaan kedua negara.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7395 seconds (0.1#10.140)
pixels