Nasdem Berkilah Ucapan Surya Paloh Soal Bubarkan Partai Dipelintir

Sabtu, 17 Oktober 2015 - 15:52 WIB
Nasdem Berkilah Ucapan...
Nasdem Berkilah Ucapan Surya Paloh Soal Bubarkan Partai Dipelintir
A A A
JAKARTA - Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari menilai ada yang memutarbalikkan fakta terkait pernyataan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh yang mengatakan akan membubarkan Nasdem jika ada kader yang korupsi.

Menurutnya, ada pihak-pihak yang memotong dan mengambil potongan dari satu statemen Surya Paloh diacara tertentu tanpa melihat secara utuh konteksnya.

"Sayangnya ini kemudian ada pihak-pihak yang mencoba mengangkat opini dan isu dengan cara-cara yang menurut saya tidak tepat," ujar Taufik usai mengisi diskusi Sindo Trijaya di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (17/10/2015).

Taufik menjelaskan, pada saat itu Surya Paloh sedang menyampaikan pembekalan terhadap para calon legislatif (caleg) dari Partai Nasdem. Dalam pembekalan tersebut, konteks yang ingin diberikan Surya Paloh adalah jangan sampai Nasdem menjadi menjadi partai yang koruptif.

"Apa yang dimaksud partai koruptif. Partai koruptif adalah partai yang mengeluarkan kebijakan-kebijakannya mendorong kader-kadernya untuk melakukan praktik-praktik korupsi," ucap Taufik.

"Partai yang koruptif maksudnya adalah mempergunakan uang negara atau mengambil uang yang bukan menjadi haknya untuk membiayai partai," sambungnya.

Menurutnya, jika Nasdem menjadi partai koruptif maka saat itulah akan dibubarkan. Sehingga, jika ada kader yang melakukan tindak pidana korupsi karena memang partai menyuruh kader tersebut melakukan korupsi maka di sanalah Partai Nasdem berhenti.

"Udah kita bubar saja berarti buat apa kita bikin partai kalau ternyata kadernya kita suruh untuk korupsi. Jadi konteksnya bukan begitu ada satu kader lantas kita bubar ya, tidak mungkin juga karena itu juga tidak masuk akal."

"Yang dimaksud adalah kalau partai sebagai kelembagaan itu menjadi partai yang koruptif, dengan misalnya menyuruh kadernya melakukan tindak pidana korupsi," sambungnya.

Taufik mengaku tidak mengetahui siapa pihak-pihak yang memutarbalikkan pernyataan Surya Paloh tersebut. Namun, yang jelas menurutnya seseorang yang masuk dalam dunia politik, harus tetap mengedepankan cara-cara politik yang santun dan cara-cara berpolitik yang beretika.

"Kita biarkan saja lihat ini, masyarakat bisa menilai seperti apa yang jelas orang lain bisa saja melakukan tindakan politik yang tidak beretika, tapi Partai Nasdem akan tetap berupaya untuk terus menjalankan politik dengan penuh etika dan sopan santun," tandas Taufik.

PILIHAN:
Janji Surya Paloh Bubarkan Nasdem Ditagih

Respons Nasdem Soal Janji Surya Paloh Bubarkan Partai

Setahun Pemerintahan Jokowi-JK, Nawacita Jadi Nawasiksa
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)