Ini Instruksi Jokowi Terkait Penanganan Kebakaran Hutan

Jum'at, 25 September 2015 - 17:06 WIB
Ini Instruksi Jokowi Terkait Penanganan Kebakaran Hutan
Ini Instruksi Jokowi Terkait Penanganan Kebakaran Hutan
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan upaya pencegahan dan pemadaman hutan yang terbakar untuk lebih ditingkatkan lagi.

Badrodin mengakui, hasil kunjungan ke Kalimantan Tengah (Kalteng) menunjukkan bahwa kebakaran hutan di wilayah tersebut terbilang parah.

"Perintah presiden kita melakukan upaya pencegahan dan pemadaman yang lebih banyak lagi, itu yang harus dilakukan," ujar Badrodin di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (25/9/2015).

Selain itu, dalam rangka menyiapkan air untuk pemadaman akan dibuat parit atau lumbung air agar tak sulit lagi mencari sumber air dalam proses pemadaman.

Dia melanjutkan, langkah pertama yang harus dilakukan ialah melakukan pencegahan dengan memberdayakan semua unsur untuk melakukan pengamanan wilayah hutan di Tanah Air.

"Baik pemerintah daerah, TNI-Polri untuk bisa melakukan patroli, memberikan sosialisasi kepada masyarakat," terangnya.

Langkah ini dilakukan supaya apabila ada titik api di kawasan hutan, maka akan cepat terdeteksi sehingga segera bisa dipadamkan.

"Kalau menemukan titik api lebih awal itu lebih mudah dipadamkan daripada sudah meluas kita padamkan memerlukan tentu sarana dan prasarana dan personel yang cukup banyak," tandasnya.

PILIHAN:
Jokowi Berharap Insiden Mina Tak Terulang Kembali

Cerita Fadli Zon Soal Lambatnya Penanganan Korban Insiden Mina
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8599 seconds (0.1#10.140)