JK Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Kamis, 10 September 2015 - 12:39 WIB
JK Jalani Perawatan di Rumah Sakit
JK Jalani Perawatan di Rumah Sakit
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) dr Cipto Mangunkusumo Jakarta kemarin. Tokoh asal Makassar tersebut harus menjalani observasi kesehatan.

Tadi malam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat meluangkan waktu menjenguk koleganya tersebut. Sekretaris Wakil Presiden Mohammad Oemar yang dimintai konfirmasi membenarkan JK menjalani perawatan di rumah sakit tersebut. Namun dia membantah kabar yang beredar bahwa JK masuk rumah sakit untuk menjalani tindakan pemasangan cincin (ring) atau stent di jantung.

”Sepengetahuan saya, belum sampai ke sana (pemasangan ring jantung). Pak Uceng (Jubir Husain Abdullah) atau tim dokter bisa dimintai keterangan juga,” kata Oemar melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta kemarin. Dia pun memastikan JK di rumah sakit hanya untuk istirahat dan observasi kondisi kesehatan.

Rencananya, hari ini JK kembali ke kediaman. Berdasarkan pantauan di Paviliun Kencana RSUPN dr Cipto Mangunkusumo, sejumlah mobil pasukan pengamanan Wakil Presiden diparkir di halaman Paviliun Kencana. Puluhan wartawan terlihat berada di lokasi untuk memantau perkembangan kondisi kesehatan JK. Namun hingga tadi malam belum ada keterangan resmi dari pihak rumah sakit.

Spekulasi tentang kondisi kesehatan JK mengemuka karena seharian kemarin dia tidak tampak di Istana Wapres. Sejumlah agenda yang melibatkan kehadirannya juga dibatalkan. Kemarin JK dijadwalkan melakukan wawancaradenganKantorBerita Malaysia Bernama, pukul 11.00 WIB, yang dilanjutkan rapat dengan Presiden Jokowi di Istana Negara pukul 13.00 WIB.

Selanjutnya, pukul 14.30 WIB Wapres dijadwalkan menerima Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dan Duta Besar Turki untuk Indonesia Zekeriya Akcam pukul 15.30 WIB. Pukul 16.30, Wapres juga berencana bertemu dengan Direktur Bank Dunia Rodrigo Chaves. Juru Bicara Wakil Presiden Husain Abdullah juga menegaskan kondisi kesehatan JK baikbaik saja.

”Tadi Bapak ke Salemba (hadiri acara) bedah buku. Karena sudah di RSCM sehingga dokter yang hadir menganjurkan cek kesehatan sekaligus melihat peralatan dan blusukan di rumah sakit,” kata Husain kemarin. Menurut dia, JK sudah lama tidak melakukan cek kesehatan. Kondisi ini terjadi karena JK sangat sibuk dan tidak ada waktu jeda.

Kalaupun ada kelonggaran, JK biasanya memanfaatkannya untuk berolahraga, golf, atau ngobrol dengan teman-temannya. Karena itulah dokter memanfaatkan kesempatan JK di Salemba untuk sekalian memeriksa kondisi kesehatannya. ”Karena kata Prof Dr Azis Rani, Ketua Tim Dokter Kepresidenan, sudah lama ‘mengincar’ Pak JK agar bisa observasi, sebab kalau tidak, maka tidak akan jadi dan selalu tidak punya waktu,” ujar Husain.

”Saya tidak tahu apakah ada tindakan lanjutan dari dokter karena saya tidak di rumah sakit sampai sore tadi,” imbuhnya. Senada, Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi menuturkan bahwa JK perlu beristirahat setelah melakukan pemeriksaan rutin enam bulanan. ”Pak JK tadi siang check-up ke RS Cipto Mangunkusumo, memang beliau periksa rutin setiap enam bulan sekali.

Katanya tadi butuh istirahat, jadi ke rumah dinas sekarang,” kata Sofyan. Dia juga mengatakan, ketidakhadiran JK dalam pengumuman paket kebijakan ekonomi nasional bukan persoalan krusial karena momen tersebut hanya penyampaiannya saja. Sementara pada saat pembahasannya, Wapres sudah beberapa kali hadir.

Rarasati syarief/ sucipto/ sindonews.com
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6212 seconds (0.1#10.140)