10 Surga Terpopuler di Pulau Dewata

Kamis, 10 September 2015 - 12:22 WIB
10 Surga Terpopuler di Pulau Dewata
10 Surga Terpopuler di Pulau Dewata
A A A
Bali merupakan wilayah di Indonesia yang sangat terkenal. Kepopulerannya bahkan sudah terdengar hingga mancanegara. Di Pulau Dewata ini menjamur beragam tempat pelesiran. Lantas, apa saja destinasi wisata Bali yang paling populer? Berikut daftarnya menurut jajak pendapat KORAN SINDO.

1. KUTA (42%)

Ketika menginjakan kaki di Bali, pantai Kuta kerap menjadi objek wisata pertama yang dikunjungi. Kuta menjadi sangat terkenal karena letaknya strategis, yaitu hanya berkisar 30 menit dari bandara atau sekitar 20 menit dari pusat Kota Denpasar.

2. UBUD (18%)

Selain Pantai Kuta, Ubud juga menjadi destinasi favorit di Bali. Berbeda dengan Kuta yang menjanjikan pemandangan laut mempesona, di Ubud kita bisa melihat pemandangan pedesaan menyejukan. Suasana di Ubud jauh dari kata hiruk pikuk kota metropolitan. Ubud memiliki kawasan persawahan dan kawasan hutan.

3. SANUR (8%)

Pada awalnya, Pantai Sanur menjadi pantai paling favorit bagi para wisatawan ke Bali. Namun lambat laun pantai ini kalah bersaing dengan Kuta yang memiliki letak lebih strategis. Namun bukan berarti Sanur juga kalah sebagai suatu tempat wisata. Pantai ini juga menyajikan keindahan sunsetnya. Kesan romantis tersaji saat kita menikmati indahnya sunset di pantai ini.

4. TANAH LOT (6%)

Tanah Lot merupakan salah satu objek wisata Bali cukup terkenal. Tempatnya persis terletak di kawasan Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, 13 km dari Kota Tabanan. Tanah Lot terkenal dengan puranya di tepi laut. Disini terdapat dua pura, yang satu terletak di atas bongkahan batu besar dan yang satunya lagi terletak di atas tebing.

5. NUSA DUA (5%)

Berbeda dengan Kuta yang penuh sesak dengan para pengunjung, suasana pantai di Nusa Dua lebih terkesan private dan syahdu. Pasalnya banyak resort dan hotel berbintang lima menyediakan private beach yang hanya bisa dinikmati oleh pengunjung hotel dan resort tersebut. Nusa Dua menyajikan panorama pantai dengan pasir putih dan laut biru.

6. LEGIAN (4%)

Beranjak ke sebelah utara Kuta, kita akan bertemu dengan daerah Legian. Jika malam hari, wilayah ini dipadati dengan para wisatawan lokal ataupun mancanegara. Sampai-sampai lalu lintas di jalan Legian ini menjadi macet karena dipadati pengunjung. Bagi pecinta dunia hiburan malam, wajib hukumnya datang ke wilayah ini. sebab, Legian memang terkenal dengan klub-klub malamnya.

7. JIMBARAN (4%)

Jika suka dengan aneka masakan seafood, maka wajib hukumnya untuk berkunjung ke wilayah yang satu ini. Ialah Jimbaran yang memang sudah terkenal dengan seafoodnya. Kita bisa menikmati sajian makanan laut langsung dari pinggir pantai. Meja dan kursi makan ditata sedemikian rupa agar menatap langsung ke arah laut.

8. PECATU (3%)

Dahulu kala Pecatu dianggap sebagai desa tandus dan jarang sekali ada wisatawan yang mampir ke daerah ini. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan pariwisata di Bali, Pecatu yang memiliki wilayah tebing-tebing ini mulai banyak dilirik oleh investor. Sebut saja Pantai Padang-Padang digarap oleh investor untuk sebuah resort dan hotel berbintang Pantai padang-padang ini juga terkenal semenjak film box office eat, pray & love mengambil latar di pantai ini.

9. SEMINYAK (2%)

Seminyak adalah sebuah daerah di sebelah utara Legian. Di tempat ini, banyak villa disewakan. Dari mulai yang murah sampai termahal ada di wilayah Seminyak. Seminyak menawarkan suasana sangat berbeda dengan wisata di Kuta. Kuta lebih terkenal dengan suasananya yang santai dengan segala hiruk pikuknya sedangkan Seminyak lebih memberikan kesan menenangkan.

10. TANJUNG BENOA (1%)

Jika suka dengan olahraga air, mengunjungi Tanjung Benoa menjadi pilihan sangat tepat. Banyak perusahaan-perusahaan menawarkan jasa untuk menikmati aneka bermain air di Pantai Tanjung Benoa. Dari yang santai seperti Flying Fish, Snorkeling, banana boat ataupun paraseling, hingga yang ekstrem seperti Diving atau Seawalker.

*Kaya Tradisi

Bali bukan hanya menjadi destinasi wisata andalan bagi bagi Indonesia untuk mengeruk devisa namun Pulau Dewata selama ini juga menyimpan berbagai tradisi dan sub kultur unik yang sarat nilai-nilai filosofi.

NGABEN

Prosesi pembakaran mayat yang bertujuan untuk menyucikan roh leluhur orang sudah meninggal.

SUBAK

Istilah subak hanya dikenal di Bali, yang khusus mengatur sistem pengairan sawah oleh para petaniBali dalambercocok tanam padi.

NGEREBONG ATAU NGUREK

Tradisi yang dilakukan umat Hindu tepatnya di Pura Pangrebongan, Desa Kesiman, Denpasar. Warga yang mengikuti ritual ini mulai kerasukan/ trance yang ditandai dengan berteriak, menangis, menggeram dan menari dengan diiringi musik tradisional beleganjur

GEBUD ENDE

Tradisi di Kabupaten Karangasem tepatnya dari Desa Seraya berupa perang rotan.

TERTERAN

Tradisi unik di Desa Jasri Kabupaten Karangasem yakni perang api atau disebut ter-teran. Aksi saling serang/ lemparlemparan dengan api ini.

MEKARE-KARE ATAU PERANG PANDAN

Tradisi unik ada di Desa Tenganan Karangasem. Upacara Perang Pandan adalah upacara persembahan yang dilakukan untuk menghormati Dewa Indra (dewa perang) dan para leluhur. Peserta menggunakan senjata pandan berduri sebagai senjata masing-masing.

PERANG PISANG

Upacara perang pisang atau mesabatan biu ini digelar di pelataran pura Bale Agung, Desa Tenganan Daud Tukad, dalam rangka pelantikan ketua dan wakil ketua pemuda setempat.

OMED-OMEDAN

Tradisi unik di Desa Sesetan ini hanya diikuti oleh muda-mudi atau yang sudah tua dan belum menikah berupaadegan tarik menarik dan cium-ciuman.

PEMAKAMAN DI TRUNYAN

Prosesi pemakaman orang meninggal dimana tubuh orang yang sudah meninggal tidak dikubur tetapi disimpan di bukit-bukit atau di atas pohon setelah sebelumnya dilakukan melalui sebuah prosesi.

MEKOTEK

Upacara ini diselenggarakan dengan tujuan mohon keselamatan dan dirayakan setiap hari Raya Kuningan di Desa Munggu Kecamatan Mengwi, Badung.

PERANG KETUPAT

Perang Ketupat dirayakan satu tahun sekali di Desa Kapal, Kabupaten Badung. Tujuan diadakan prosesi ini sebagai wujud terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen dan untuk doa keselamatan dan memohon kesejahteraan bagi umat manusia.

MESURYAK

Upacara dengan melemparkan uang ke atas ini digelar bertepatan pada Hari Raya Kuningan (10 hari setelah Galungan) setiap 6 bulan sekali, dengan tujuan untuk memberikan persembahan ataupun bekal pada leluhur

NGUSABHA TEGEN

Tradisi di Desa Kedisan-Kintamani dengan menggelar sesajen tegentegenen yang terdiri dari sayursayuran, buah serta ikan yang dipikul oleh kaum pria, sedangkan kaum ibu membawa banten gebogan dengan tujuan agar tetap diberi keselamatan dan kemakmuran

*Bali Tujuan Favorit Wisman


• Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan pemasukan devisa dari sector pariwisata lima tahun kedepan sebesar Rp 260 triliun.
• Para pelancong asing yang berkunjung ke Indonesia paling banyak melalui Bali yaitu sebanyak 3,7 juta orang.
• Turis terbanyak berasal dari Singapura dengan jumlah mencapai 1,5 juta orang.
• Selama 2014, sektor pariwisata menyumbang devisa sebesar USD10,69 miliar atau setara dengan Rp136 triliun.
• Sektor pariwisata baru mampu menyumbang USD10 miliar devisa negara dengan total sumbangan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 6% per tahunnya.
• Indonesia pada 2014 hanya mencatatkan angka kunjungan wisman sebesar 9.435.411 atau tumbuh 7,2% dibandingkan dengan tahun 2013 yang sebanyak 8.802.129 wisman.
• Angka ini bahkan lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan pariwisata dunia yang sebesar 4,7%.
• Dengan jumlah turis dunia yang mencapai 1,3 miliar orang, maka masih ada potensi untuk meningkatkan pertumbuhan kunjungan wisata.

*PERTUMBUHAN TURIS ASING

2015 12 (juta jiwa)
2014 9,4
2013 8,8
2012 8
2011 7,6
2010 7

*KUNJUNGAN WISATAWAN ASING DI ASIA TENGGARA


Thailand 24,7
Malaysia 22,9
Singapura 15,1
Indonesia 9,4
Kamboja 5,7

*10 NEGARA ASAL WISATAWAN ASING PADA 2014

AS 234 (ribu jiwa)
INGGRIS 230
PRANCIS 205
INDIA 237
CHINA 959
MALAYSIA 1.276
SINGAPURA 1.519
JEPANG 486
KOREA SELATAN 328
AUSTRALIA 1.098

*PINTU MASUK WISATAWAN MANCANEGARA SELAMA 2014

BALI, Ngurah Rai 3.731(juta jiwa)
BANTEN, Soekarno Hatta 2.246
KEP. RIAU, Batam 1.454
MEDAN, Kualanamu 234
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2353 seconds (0.1#10.140)