Hari Ini, 11 Kloter Mendarat di Jeddah

Jum'at, 04 September 2015 - 09:42 WIB
Hari Ini, 11 Kloter...
Hari Ini, 11 Kloter Mendarat di Jeddah
A A A
JEDDAH - Gelombang kedua kedatangan jamaah haji Indonesia dimulai hari ini (4/9). Sebanyak 11 kelompok terbang (kloter) akan mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Rombongan ini berasal dari Kloter 33, 34, 35 Jakarta Bekasi (JKS), Kloter 20, 21 Jakarta Pondok Gede (JKG), Kloter 13 Medan (MES), Kloter 37 Solo (SOC), Kloter 8 Palembang (PLM), Kloter 9 Lampung (LOP), Kloter 11 Batam (BTH) dan Kloter 10 Balikpapan (BPN). ”Pesawat yang pertama mendarat dari kloter 33 JKS, yakni pukul 05.50 waktu Arab Saudi (WAS).

Kami koordinasi dengan petugas Daerah Kerja (Daker) Mekkah untuk kesiapan penyambutan jamaah. Sebab, seusai mendarat jamaah langsung diberangkatkan ke Mekkah naik bus,” kata Kepala Daker Bandara Jeddah-Madinah Nurul Badrutmamam kepada KORAN SINDO kemarin.

Gelombang kedua memang berbeda dengan gelombang pertama yang mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah yang begitu tiba langsung diantarkan ke pemondokan. Nurul menjelaskan, selepas turun dari pesawat di Bandara Jeddah, jamaah akan menjalani pemeriksaan buku kesehatan dan diarahkan ke loket pemeriksaan imigrasi.

Jamaah diminta bersabar karena akan diperiksa satu per satu. ”Baru setelah itu jamaah masuk ke Plasa Indonesia. Lokasi itu merupakan tempat jamaahmandi, dan memakai baju ihram serta salat sunah dua rakaat. Nah, biasanya saat di plasa ini yang agak repot,” ucapnya. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, banyak barangbarang jamaah yang tertinggal, seperti jam tangan, tas, paspor dan lainnya saat mandi dan berganti kain ihram.

Nurul meminta jamaah mengingatingat barang yang dibawanya agar tidak ketinggalan. ”Kalau kesulitan memakai kain ihram, silakan minta bantuan petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang ada stand by di situ. Kami kerahkan sekitar 60 petugas,” paparnya.

Dia memperkirakan, proses pemeriksaan buku kesehatan, imigrasi, mandi, pakai kain ihram, salat sunah akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Setelah selesai salat sunah jamaah dibariskan menjadi beberapa rombongan untuk naik bus. ”Di bus, paspor jamaah akan diambil oleh muasasah. Selanjutnya diberi layanan makan oleh perusahaan katering.

Perjalanan dari Bandara Jeddah sampai ke Mekkah ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam,” imbuh dia. Kepala Seksi Kedatangan dan Pemulangan Jamaah Daker Bandara Jeddah-Madinah, Edayanti menjelaskan, seluruh petugas PPIH Arab Saudi telah siap menyambut jamaah di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

”Total ada sekitar 190 kloter yang mendarat di Jeddah,” katanya. Total jumlah kloter kemungkinan bisa berubah mengingat akan penerbangan tambahan atau sapu jagad untuk mengangkut jamaah yang tertunda keberangkatannya karena masalah visa belum keluar ataupun sakit.

Sunu hastoro f
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9502 seconds (0.1#10.140)