Ruang Tunggu Bandara Mewah Kelas Dunia

Jum'at, 04 September 2015 - 08:45 WIB
Ruang Tunggu Bandara Mewah Kelas Dunia
Ruang Tunggu Bandara Mewah Kelas Dunia
A A A
Keberadaan ruang tunggu (lounge) di bandar udara (bandara) menjadi fasilitas vital yang disediakan pengelola bandara. Tak jarang, banyak bandara mendesain ruang tunggu dengan bangunan megah dilengkapi fasilitas mewah untuk mereka-mereka yang harus menunggu kedatangan pesawat. Sejumlah bandara di dunia dikenal memiliki ruang tunggu wah dan memanjakan para penumpang.

Turkish Airlines Lounge, Istanbul, Turki
Di dalamnya terdapat ruang pribadi untuk bersantai dan shower. Agar lebih melengkapi suasana mewah, ruang tunggu Turkish Airlines disertai juga ruang biliar. Sedangkan bagi keluarga yang membawa anak-anak, disediakan juga ruang bermain khusus dan ruang bayi untuk kenyamanan bersama.

Virgin Atlantic Lounge, AS
Dari segi tampilan, lounge Virgin Atlantic di Bandara JFK, New York didekor dengan langit-langit emas, sofa berukuran besar terbuat dari bola, meja biliar, dan berbagai menu cocktail. Bagi yang mencari ketenangan dan privasi, tersedia ruang khusus seperti gua di tembok dengan pencahayaan dan pakaian tidur di dalamnya.

Finnair Lounge, Finlandia
Lounge bergaya Skandinavia dengan perabot dari Marimekko tampak cantik dalam balutan warna putih. Penumpang pesawat yang mampir ke lounge Finnair dapat menyegarkan diri dengan fasilitas shower. Tidak lupa fasilitas ruang sauna khas Finlandia yang tidak kalah menyegarkan. Bagi yang membawa anak, tersedia juga area khusus untuk anak-anak.

Qantas First Lounge di Bandara Sydney, Australia
Qantas First Lounge menawarkan "day spa" Payot Paris yang dibingkai oleh taman vertikal mengesankan, menampilkan lebih dari 8.400 tanaman.

British Airways Concorde Room di Bandara Heathrow, Inggris
Privasi adalah kunci di tempat eksklusif ini. Pengunjung dapat menikmati makanan dan bebas untuk bersantai di "cabanas" pribadi tanpa diganggu orang lain.

Qatar Airways Premium Lounge di Bandara Heathrow, Inggris
Kemewahan lounge ini melebihi hotel berkonsep butik dan private club. Pengunjung Qatar Airways Premium Lounge dapat makan malam di Global Brasserie bergaya teater yang diapit rak-rak anggur mengesankan.

Singapore Airlines KrisFlyer Gold Lounge, Singapura
Lounge milik Singapore Airlines itu lebih menekankan pada suasana sejuk dan hijau namun tetap mewah. Terdapat fasilitas restoran dengan menu berbintang, bar cocktail, dan pusat bisnis dengan fasilitas WiFi. Pengunjung lounge pun bisa bersantai di atas kursi kulit nyaman nan mewah.

BANDARA TERBAIK

Selain lounge mewah, sejumlah bandara di dunia dinobatkan sebagai bandara-bandara terbaik se-jagat karena menyediakan sederet fasilitas nyaman bagi penumpang.

1. Singapore Changi International Airport (SIN)
Changi mendapatkan pujian karena arsitekturnya indah, dapat beroperasi secara efisien, tapi tetap menawarkan fasilitas mewah dan pilihan belanja yang menarik

2. Incheon International Airport (ICN)
Selain menyajikan pusat pusat makan dan perbelanjaan, bandara ini juga menyediakan tempat pertunjukan budaya, bahkan di dalamnya ada museum budaya Korea.

3. Munich Airport (MUC)
Munich berfungsi rumah bagi Air Berlin, Lufthansa, dan Condor serta dilengkapi fitur lapangan arsitektur kacaberat. Setiap pengunjung juga disuguhi taman minigolf dan layar besar yang menampilkan sejarah pesawat.

4. Hong Kong International Airport (HKG International Airport (HKG)
* Salah satu bandara tersibuk di Asia ini memiliki kapasitas penumpang se
besar 59,6 juta orang per tahunnya.
* Fasilitas yang disediakan antara lain lapangan golf Skycity Nine Eagles di dekat terminal dua.

5. Tokyo Haneda International Airport (HND)
* Bandara ini efisien dalam pelayanan, berbelanja dan yang paling penting adalah kebersihan.
*Bandara ini merupakan tersibuk keempat di dunia dan melayani 68,9 juta orang per tahunnya.

6. Zurich Airport (ZRH)
* Bagi penumpang yang transit dengan waktu yang panjang, bandara ini menawarkan penyewaan sepeda dan sepatu roda, dan bisa berkunjung ke museum transportasi Swiss.
* Bandara ini melayani 23,9 juta penumpang tiap tahunnya.

7. Central Japan International Airport (NGO)
Bandara ini memiliki langit-langit setinggi 1.000 kaki dengan deck penumpang panjang, sehingga penumpang bisa melihat kapal berlayar di pelabuhan Nagoya. Yang menarik ada sebuah pemandian air panas tradisional Jepang di dalam bandara.

8. London Heathrow Airport (LHR)
* Heathrow adalah bandara ketiga tersibuk di dunia dan terbesar dari lima bandara utama yang melayani penerbangan di London.
* Heathrow merupakan rumah bagi British Airways dan Virgin Atlantic

9. Amsterdam Schiphol Airport (AMS)
* Dibuka pada 1916, Schiphol terkenal karena berbagai kegiatan rekreasi dan memiliki perpustakaan
* Sebanyak 52,6 juta penumpang dilayani setiap tahunnya.

10. Beijing Capital International Airport (PEK)
Bandara Beijing Capital International Airport telah membangun fasilitas baru dan upgrade infrastruktur. Terminal tiga yang dibangun, dinilai sebagai 10 terbaik terminal di dunia.

BANDARA TERBURUK

Sebuah situs perjalanan bernama Sleeping in Airport membuat survei bertajuk Guide to Sleeping in Airports, dengan meminta wisatawan untuk menyebutkan keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki sebuah bandara dalam hal kenyamanan, kemudahan, kebersihan dan layanan pelanggan.

1. Bandara Internasional Islamabad Benazir Bhutto, Pakistan
Hal yang paling banyak dikeluhkan adalah padatnya bandara, petugas keamanan yang terlalu agresif, serta teknologi yang masih ketinggalan zaman.

2. Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah Arab Saudi
Masalah utama bandara ini adalah lamanya antrean di imigrasi. Selain itu petugas dinilai tidak sigap dalam melayani sekian banyak penumpang yang mengantre.

3. Bandara Internasional Tribhuvan, Nepal
Satu isu yang paling kentara di Bandara Internasional Tribhuvan Kathmandu adalah kebersihan toilet. Seorang responden mengatakan, apapun yang terjadi jangan gunakan toilet yang ada di bandara itu.

4. Bandara Internasional Ninoy Aquino, Filipina
Antrean yang panjang dan seakan tak ada habisnya membuat penumpang sebal jika harus terbang atau tiba di bandara ini.

5. Bandara Internasional Tashkent, Uzbekistan
Antrean lama dan kepadatan berlebihan kerap membuat para penumpangnya stres selama di bandara ini.

6. Bandara Internasional Paris Beauvais-Tille, Prancis
Bandara Internasional Paris Beauvais-Tille punya masalah mengenai letak. Bandara ini hanya bisa diakses dengan kendaraan pribadi, jika ingin cepat. Bisa juga dengan kendaraan umum, hanya saja butuh waktu sekitar satu setengah jam untuk sampai ke sana.

7. Bandara Internasional Frankfurt-Hahn, Jerman
Bandara Frankfurt-Hahn di Frankfurt menjadi bandara pertama di Jerman yang khusus untuk maskapai bujet. Bandara ini juga menjadi rumah bagi maskapai bujet paling nyentrik, Ryana

8. Bandara Bergamo Orio al Serio, Italia
Menurut komentar salah seorang responden, cuma ada satu cara untuk membenahi bandara Bandara Bergamo Orio al Serio, Italia agar bisa lebih baik. Yaitu, menggusurnya dan membangunnya kembali.

9. Bandara Internasional Tegel, Jerman
Biasanya, bandara untuk maskapai bujet terpisah dari bandara umum. Tetapi tidak untuk Bandara Internasional Tegel di Berlin yang juga melayani penerbangan maskapai umum. Jalur antrean panjang dan bangunan yang membosankan membuat bandara dinilai buruk

10. Bandara LaGuardia, AS
Bandara yang dulunya merupakan area taman rekreasi ini mendapat banyak komplain dari para pengunjungnya. Beberapa keluhannya adalah jalur antrean panjang, dekorasi membosankan dan staf yang tidak ramah.

PASAR PENUMPANG PESAWAT INDONESIA TERBESAR KE-6 DI DUNIA

* Asosiasi penerbangan dunia atau International Air Transport Association (IATA) memprediksi Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan pasar penumpang angkutan udara terbesar ke-6 di dunia. Saat ini Indonesia berada di peringkat ke-12 dunia.

* IATA memperkirakan total penumpang angkutan udara, untuk penerbangan domestik dan internasional di Indonesia akan menembus angka 270 juta penumpang pada 2034 atau 20 tahun ke depan, naik 200% atau 3 kali lipat

* Pada 2014 total penumpang pesawat di Indonesia mencapai 86 juta penumpang dengan rincian penerbangan domestik mencapai 76,49 juta penumpang dan penerbangan internasional mencapai 10,25 juta penumpang

* Asosiasi penerbangan Asia Pasifik atau Association of Asia-Pasific Airlines (AAPA) mencatat jumlah penumpang pesawat di seluruh dunia pada 2013 mencapai 3 miliar orang.

* Dari 3 miliar penumpang pesawat di seluruh dunia, 31% adalah penumpang pesawat dengan mobilitas hanya di kawasan Asia-Pasifik.

* Di Asia Pasifik setiap tahunnya ada 1,012 miliar orang lalu-lalang menggunakan pesawat udara

* Dari jumlah itu, didapat 715 juta penumpang berasal dari penerbangan domestik sedangkan 297 juta dari penerbangan internasional plus mengangkut 19 juta kargo

* Secara total, sebanyak 1,012 miliar orang tersebut diangkut dengan 5.911 pesawat terbang dengan penerimaan total USD163 miliar dan laba USD1,6 miliar.

* Besarnya pasar penerbangan Asia-Pasifik ditopang jumlah penduduk yang cukup besar. Populasi Asia-Pasifik tercatat 4 miliar jiwa, atau 51% dari total populasi dunia.

BANDARA INDONESIA SABET GELAR TERBAIK DUNIA

* Berdasarkan survey Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI) kuartal I 2015, Bandara Gusti Ngurah Rai Bali dinobatkan sebagai bandara dengan layanan terbaik nomor 3 di dunia. Sebelumnya pada survey 2014, Bandara Juanda Surabaya juga masuk dalam jajaran 10 besar bandara dengan layanan terbaik di dunia berkategori bandara jumlah penumpang 15 hingga 25 juta penumpang per tahun.

* Ngurah Rai dan Juanda berhasil mengungguli bandara di negara-negara maju seperti Bandara Kansai Osaka di Jepang, Bandara San Diego di California, Amerika Serikat, Bandaea Zurich di Swiss Bandara Brisbane Queensland di Australia dan Bandara Manchester di Inggris.

* Di kategori bandara dengan jumlah penumpang 5-15 juta per tahun, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan juga masuk dalam jajaran bandara berlayanan terbaik dunia dengan berada di peringkat ke-16 dari 79 bandara yang disurvei ASQ.
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6888 seconds (0.1#10.140)