Jamaah Haji Besok Mikat di Bir Ali

Sabtu, 29 Agustus 2015 - 21:03 WIB
Jamaah Haji Besok Mikat di Bir Ali
Jamaah Haji Besok Mikat di Bir Ali
A A A
MADINAH - Jamaah haji asal Indonesia besok Minggu 30 Agustus 2015 akan bergerak ke Makkah. Rombongan bergerak setelah berada di Madinah selama 9 hari untuk melaksanakan ibadah arbain di Masjid Nabawi.

Sebelum memasuki Makkah, rombongan harus berhenti di Bir Ali untuk melakukan mikat atau niat umrah.

“Ada 13 kloter yang besok mikat di sini, sebelum melanjutkan perjalanan ke Makkah,” kata Kepala Sektor Khusus Bir Ali, Daerah Kerja (Daker) Madinah, Kamalul Iman Bilah saat ditemui Koran SINDO, Sabtu (29/8/2015).

Bir Ali sendiri merupakan sebuah masjid besar dengan dua menara menjulang setinggi 64 meter yang dikelilingi lahan parkir kendaraan yang cukup luas.

Lokasinya berada di sebuah lembah perbatasan tanah haram, dengan jarak sekitar 11 km dari Masjid Nabawi. Kemarin, ratusan orang jamaah haji asal negara lain sudah melakukan miqot. Sedangkan beberapa jamaah Indonesia nampak melakukan ziarah.

“Kami sudah melakukan simulasi dan besok personel dibagi dalam lima pos,” lanjut Kamalul.

Pos itu bertugas mulai dari pemeriksaan jamaah, pengawasan di kamar mandi, di pintu masuk masjid, di parkir di belakang hingga cek penumpang bus saat akan meninggalkan Bir Ali. Jamaah diminta tidak tergesa-gesa turun sebelum bus berhenti.

“Ini untuk menghindari jangan sampai jamaah lupa tempat parkir busnya. Pintu keluar masjid juga harus diingat agar mudah mencari bus jamaah,” tandasnya.

Petugas akan fokus mengawasi di sekitar kamar mandi untuk memastikan tidak ada jamaah laki-laki maupun perempuan yang tersesat. “Karena di situ memang crowded, sebab tidak hanya jamaah Indonesia, tapi jamaah lain juga berada di situ,” imbuhnya.

Pilihan:

Biaya Bikin Website Revolusi Mental Perlu Diinvestigasi
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2584 seconds (0.1#10.140)