Dua Jurnalis AS Tewas Ditembak saat Siaran Langsung

Kamis, 27 Agustus 2015 - 09:15 WIB
Dua Jurnalis AS Tewas Ditembak saat Siaran Langsung
Dua Jurnalis AS Tewas Ditembak saat Siaran Langsung
A A A
WASHINGTON - Dua jurnalis dari afiliasi lokal CBS di Virginia, WDBJ, ditembak mati saat siaran langsung kemarin, menurut laporan televisi dan jaringan mereka.

Jurnalis WDBJ bernama Alison Parker, 24, dan kamerawan Adam Ward, 27, itu ditembak dalam jarak dekat saat melakukan wawancara langsung. Pelaku penembakan masih dikejar aparat berwenang. ”Kami tidak tahu motifnya. Kami tidak tahu siapa tersangka atau pembunuhnya,” ungkap General Manager WDBJ Jeffrey Marks saat dia mengonfirmasi kematian itu kepada para penonton seperti dikutip kantor berita AFP . WDBJ terletak di Kota Roanoke, Virginia bagian selatan.

Marks menjelaskan, ”Parker dan Ward jatuh cinta dengan anggota tim lain di WDBJ .” Perempuan yang diwawancarai Parker di balkon di tepi Danau Bridgewater Resort di Kota Moneta, dekat Roanoke, mengalami luka. ”Perempuan yang sedang diwawancarai itu terluka di bagian punggungnya dan dioperasi,” papar laporan CNN . Menurut laporan Roanoke Times, perempuan yang terluka itu diketahui bernama Vicki Gardner, Kepala Kamar Dagang Regional Smith Mountain Lake.

”Penembakan terjadi pada pukul 6.45 pagi di Bridgewater Plaza di Moneta,” ungkap juru bicara Departemen Kepolisian Franklin County, Phillip Young. Petugas penegak hukum federal menyatakan kepada Fox News bahwa FBI telah merespons kejadian itu dan terlibat dalam investigasi. Parker mewawancarai perempuan itu tentang perkembangan pariwisata untuk siaran pagi WDBJ saat pelaku penembakan mendekatinya dari belakang.

Beberapa tembakan serta teriakan terdengar saat kamera Ward jatuh ke lantai, menangkapgambarpriabersenjatayang mengenakan pakaian gelap. Siaran langsung itu kemudian dihentikan untuk membawa korban kembali ke studio. Di halaman Facebooknya, Parker yang baru merayakan hari ulang tahunnya sepekan lalu menggambarkan dirinya sebagai reporter pagi di WDBJ dengan minat dansa di ballroom.

Salah satu pembaca berita WDBJ Chris Hurst menulis tweet bahwa dia dan Parker sedang jatuh cinta dan menulis, ”Aku kaku. Dia bekerja bersama Adam setiap hari. Mereka satu tim. Saya bersedih untuk tunangannya.” Presiden dan General Manager WDBJ Jeff Marks menyesalkan kejadian tersebut.

”Kita selalu melihat kejahatan tanpa peri kemanusiaan. Bagaimana bisa orang ini merampok nyawa dan cinta keluarga Alison dan Adam,” ujarnya. WDBJ juga menulis tweet tentang insiden tersebut. ”Kami mencoba mengetahui apa yang baru terjadi. Terima kasih semua atas perhatian dan katakatabaiknya,” tulisakun WDBJ.

Gubernur VirginiaTerry Mc- Auliffe menjelaskan di Twitter bahwa dia berduka atas aksi pembunuhan tak berperasaan itu. ”Kepolisian Virginia sedang bekerja sama dengan otoritas lokal untuk menangkap pelaku penembakan,” katanya. Polisi melaporkan melihat tersangka di daerah I-81, menurut WHSV .

Laporan CNN sebelumnya menyatakan polisi telah mengetahui pelat nomor mobil yang digunakan pelaku penembakan untuk melarikan diri. Akibat kejadian itu, sekolahsekolah di Bedford County diliburkan seiring proses pencarian pelaku penembakan. Departemen Transportasi Virginia melaporkan diberlakukannya situasi prioritas tinggi serta menutup jalur utara dan selatan di Rute 122 di wilayah itu.

Syarifudin
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.0923 seconds (0.1#10.140)