Lagi Pansel KPK Diminta Menimbang Hasil Penelusuran Polri

Kamis, 27 Agustus 2015 - 05:02 WIB
Lagi Pansel KPK Diminta Menimbang Hasil Penelusuran Polri
Lagi Pansel KPK Diminta Menimbang Hasil Penelusuran Polri
A A A
JAKARTA - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyarankan Panitia seleksi (Pansel) Calon pemimpin (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempertimbangkan hasil penelusuran Polri atas rekam jejak para kandidat.

Diketahui Polri telah menyampaikan hasil penelusuran Polri atas rekam jejak Capim KPK ke Pansel. Penelusuran itu dilakukan Polri atas permintaan Pansel.

"Pansel secara resmi minta data, fakta, penelusuran dan sudah dapat data, seyogyanya data itu digunakan oleh pansel," kata Pramono Anung di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 26 Agustus 2015.

Kendati demikian, dia menegaskan pemerintah tidak ingin mencampuri urusan Pansel Capim KPK dalam mencari pemimpin lembaga antirasuah itu.

"Karena memang pansel ini independen dan mandiri, kita sama sekali tidak mempengaruhi, karena permintaan itu secara resmi tentunya seyogyanya dipertimbangkan," ungkapnya.

Dia berpendapat, Polri merupakan bagian dari pemerintah. Sehingga, lanjut dia, seharusnya Pansel mengambil inisiatif menanggapi hasil penelusuran Polri itu.

"Kalau pansel perlu lakukan kroscek, ya lakukan kroscek. Tapi kan fakta itu sudah ada di tangan. secara informal, walaupun pemerintah sebenarnya juga bisa mengetahui itu, tapi kami betul-betul tidak ingin campur tangan dalam soal itu," pungkasnya.

Pilihan:

Pesawat Tempur TNI AU Serang Angkatan Udara Australia

SBY: Persoalan Bangsa Bermuara pada Kepemimpinan
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9438 seconds (0.1#10.140)