Mobil Keluarga Berkarakter Tangguh

Sabtu, 22 Agustus 2015 - 10:26 WIB
Mobil Keluarga Berkarakter Tangguh
Mobil Keluarga Berkarakter Tangguh
A A A
Bagi Large Project Leader Honda BR-V Atsushi Arisaka,merancang Honda BR-V ternyata jauh lebih sulit dibanding Honda Mobilio.Kesulitan itu datang dari beberapa unsur. Apa saja?

Mendesain wajah depan dan belakang Honda BR-V dianggapArisaka paling menantang. Karena harus menonjolkan kesan tough, konsep pemikiran desain dilakukan dengan mengedepankan unsur SUV. Nah, yang pertama ia lakukan adalah membuat roda lebih besar dan lebar. Velg standar BR-V adalah 16 inci. Ground clearance-nya lebihdari 200 mm.

Roof rail ditambahkan untuk mempermudah konsumen membawa barang. Kemudian ada door step, under guard, dan panel luar untuk menambah kesan sporty. ”Ada sedikit unsur sedan yang kita masukkan di bodinya,” ungkapArisaka. Di bagian depan, kap mobil 7-penumpang tersebut terlihat kokoh, sementara fender dan bemper yang menyatu tampak tangguh.

Lampu dan grill depan dirancang dalam satu garis utuh, tajam tapi juga lebar. Adapun pilarnya seperti mengalir dari depan ke belakang. Tapi, hal tersulit dalam mendesain Honda BR-V dibandingkan Honda Mobilio, menurut Arisaka adalah soal safety. ”Tentu saja Mobilio sangat safety.Tapi, di BR-V sisi safety-nya dituntut untuk bisa lebih baik lagi. Tentu jadi tantangan bagi kami,” ungkapnya.

Untuk merancang sebuah SUV, Arisaka melanjutkan, bobot kendaraan harus ditingkatkan. Namun, dengan bobot yang berat, ketika terjadi tabrakan dampaknya juga besar sekali. Karena itu, ia harus membuat sasis atau rangka mobil yang dapat mengabsorb atau meredam benturan.

Fitur keselamatan BR-V sendiri meliputi Vehicle Stabiity Assist(VSA), Hill Start Assis, Anti-lock Braking System (ABS), ElectronicBrake Distribution (EBD), serta SRS Airbagdi depan dan belakang. Mobil tersebut juga mengusung mesin 4 silinder, 1.5 liter i-VTEC, tenaga 120 ps (88kw) @ 6.600 RPM, serta torsi maksimum 145 NM @ 4.600 rpm.

Hal lain yang menantang adalah transmisi manual 6 percepatan dan Continously Variable Transmission (CVT) yang menggunakan Earth Dreams Technology. Ada beberapa perbaikan pada sistem transmisi BR-V. Di sistem CVT, misalnya, ditambahkan torque converter untuk menyempurnakan konversi torsidan kecepatan (putaran) mesin.

”CVT untuk BR-V ini juga dirancang lebih ringan,” ujar Arisaka. Untuk transmisi manual (M/T, menggunakan 6 percepatan agarefisiensi bahan bakar bisa ditingkatkan.

Danang arradian
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9747 seconds (0.1#10.140)