Pansel Lanjutkan Penelusuran Rekam Jejak 19 Capim KPK

Jum'at, 21 Agustus 2015 - 13:21 WIB
Pansel Lanjutkan Penelusuran Rekam Jejak 19 Capim KPK
Pansel Lanjutkan Penelusuran Rekam Jejak 19 Capim KPK
A A A
JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pemimpin (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mendengarkan pemaparan dari sejumlah institusi yang diminta untuk penelusuran rekam jejak calon.

Juru Bicara Pansel Capim KPK, Betti S Alisjahbana menuturkan, pemaparan dari sejumlah institusi tersebut untuk mengetahui lebih detail rekam jejak 19 Capim KPK yang lolos dalam tahap III.

Dia menambahkan, sejumlah lembaga yang diundang adalah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), dan Indonesian Corruption Watch (ICW).
"Seharian kita akan dengarkan presentasi dari mereka yang sebelumnya melakukan verifikasi (rekam jejak para calon)," tutur Betti ketika dikonfirmasi, Jumat (21/8/2015).

Dia mengatakan, sebelumnya Pansel KPK telah mengundang Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menggali informasi lebih dalam mengenai Capim KPK itu.

Lanjutnya, pemaparan kali ini berbeda dengan sebelumnya. Selain berbeda dari sisi jumlah calon,dari 48 mengerucut menjadi 19, sehingga pemaparan bisa dilakukan lebih mendalam.

"Kemarin kan 48 orang, waktunya juga terbatas. Sekarang hanya 19 orang, mungkin lebih detail," jelasnya.

Capim KPK yang lolos tahap III selanjutnya menjalani tes wawancara langsung dan tes
kesehatan. Nantinya,Capim KPK yang berjumlah 19 orang akan disaring menjadi delapan orang untuk diserahkan kepada Presiden dan DPR guna menjalani fit and proper test.

Selanjutnya, DPR akan mengumumkan empat orang yang dipastikan menjadi pemimpin KPK Jilid IV.

Baca: 19 Nama yang Lolos Seleksi Capim KPK.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7106 seconds (0.1#10.140)