Istri Almarhum Gus Dur Tak Tahu Bimantoro Terima Tanda Jasa

Senin, 17 Agustus 2015 - 18:12 WIB
Istri Almarhum Gus Dur Tak Tahu Bimantoro Terima Tanda Jasa
Istri Almarhum Gus Dur Tak Tahu Bimantoro Terima Tanda Jasa
A A A
JAKARTA - Istri Presiden keempat Almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Sinta Nuriyah Wahid tidak mengetahui bahwa mantan Kapolri Jenderal Polisi Purn Bimantoro menerima penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kapan? Kemarin?" tanya Sinta Nuriyah Wahid usai menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2015).

Dia memilih enggan mengomentari perihal penghargaan kepada Bimantoro tersebut.
"Saya kemarin enggak tahu ya, saya enggak bisa berkomentar apa-apa ya," tuturnya.

Penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana yang diberikan Presiden Jokowi kepada mantan Kapolri Jenderal Pol Purn Bimantoro menuai kritik. (Baca: Tanda Jasa ke Bimantoro Lukai Hati Nahdliyin dan Gusdurian)

Penghargaan kepada Bimantoro itu dinilai telah menyakiti hati kaum Nahdliyin atau para murid, pengagum dan penerus pemikiran dan perjuangan KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur (Gusdurian).

Sekadar diketahui, Gus Dur jatuh dari kekuasaannya akibat proses pergantian Kapolri dari Bimantoro kepada Chairuddin Ismail. (Baca: Eks Jubir Gus Dur Gugat Keppres Tanda Jasa Bimantoro)

Saat itu Gus Dur memecat Bimantoro dari jabatan Kapolri tanpa persetujuan DPR. Lalu Gus Dur mangkir ketika dipanggil DPR.

Kontroversi itu pun berujung pada sidang pemakzulan yang dipercepat seminggu oleh MPR, dan Gus Dur pun jatuh dari kursi kepresidenan.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5731 seconds (0.1#10.140)