Ekonomi Membaik, Penjualan Meningkat

Kamis, 13 Agustus 2015 - 08:29 WIB
Ekonomi Membaik, Penjualan Meningkat
Ekonomi Membaik, Penjualan Meningkat
A A A
Membeli pesawat pribadi bagi para miliarder bukan sebagai kebutuhan semata. Tetapi, itu sebagai gaya hidup. Ketika ada jenis pesawat pribadi baru, para miliarder ramai-ramai memborongnya.

Persaingan bisnis pesawat pribadi juga semakin meningkat. Meski penjualan pesawat pribadi sempat mengalami penurunan pada 2008, kini dua perusahaan produksi pesawat pribadi yakni Embraer dan Cesna terus berlomba mengeluarkan model terbaru. Mereka ingin menarik minat para konglomerat dunia untuk membeli jet pribadi yang biasa digunakan untuk kepentingan bisnis.

Embraer, perusahaan pesawat asal Brasil, meluncurkan Legacy 450. Itu jenis terbaru dari Legacy 500 tahun lalu. Sementara Cesna akan mengeluarkan seri Latitude terbarunya. Berbagai produk pesawat pribadi itu akan ditampilkan dalam Pameran Penerbangan Bisnis Amerika Latin di Sao Paulo, Brasil, pekan depan.

Acara itu akan dibanjiri para pencinta pesawat pribadi yang telah menanti selama tujuh tahun terakhir. ”Pesawat pribadi seperti halnya mobil, orang suka model terbaru dan terbesar,” ucap Cai Von Rumohr, seorang analis dari Cowen & Co, seperti dikutip Bloomberg .

Padahal, industri pesawat mengalami penurunan sebesar 4,1% pada enam bulan pertama tahun ini dan membuat industri ini tak berkembang. Jumlah permintaan yang menurun dari negara kaya minyak di Timur Tengah, juga Rusia dan Amerika Latin tak berbeda jauh dengan Amerika Serikat dan Eropa.

Jens Hennig, wakil presiden dari Asosiasi Umum Produsen Penerbangan (GAMA) yang berkantor di Washington, mengatakan, sebagai konsekuensi meningkatnya ekonomi di AS terus mendorong para eksekutif dan orang superkaya untuk membeli pesawat pribadi. ”Dengan membaiknya kondisi di AS, kita akan melihat sebuah kesempatan dan segmen kelas menengah mempunyai kesempatan untuk bangkit,” kata Hennig.

GAMA menyatakan pada 2014 terjadi 722 unit pesawat yang berhasil dijual. GAMA memprediksi bahwa angka penjualan pada 2015 akan seperti tahun lalu.

ARVIN
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8933 seconds (0.1#10.140)
pixels