Kapal Ikan SibolgaTenggelam

Rabu, 12 Agustus 2015 - 09:31 WIB
Kapal Ikan SibolgaTenggelam
Kapal Ikan SibolgaTenggelam
A A A
NIAS UTARA - Kapal penangkap ikan asal Sibolga, KM Formasa 9, tenggelam di laut lepas Semenanjung Nias Utara, Sumatera Utara, Selasa (11/8) pagi sekitar pukul 05.00 WIB.

Beruntung, seluruh awaknya berhasil diselamatkan kapal lainnya, KM Natalia. Berdasarkan keterangan pemilik kapal, Pantas Lumbantobing, kapal ikan KM Formasa 9 GT29 jenis bagan tersebut tenggelam pada posisi N.01.46.E.097.16 atau sekitar 18 mil dari Pulau Sarang Baung. Tepatnya, di pertengahan perairan laut Nias Utara dengan perairan laut Aceh.

Kapal tersebut membawa 19 orang anak buah kapal (ABK), termasuk sang nakhoda Heri. ”Kapal tenggelam dikabarkan karena pecah dihantam angin kencang dan gelombang (ombak) laut tinggi. Pagi itu kru kapal tengah melakukan aktivitas penangkapan ikan,” kata Pantas kemarin. Ke-19 ABK KM Formosa 9 itu berhasil diselamatkan kru kapal KM Natalia yang tengah dalam perjalanan menuju Sibolga.

Kapal KM Natalia saat itu diketahui berada pada posisi 11 mil dari lokasi tenggelamnya kapal KM Formosa. ”KM Natalia itu juga kapal saya. Kru kapal inilah yang menolong dan membawa 19 ABK KM Formosa ke Sibolga. Mereka kini dalam perjalanan pulang,” ujar Pantas, yang juga anggota DPRD Kota Sibolga.

Humas Basarnas Sibolga M Abdu Hasibuan membenarkan peristiwa tenggelamnya satu unit kapal tangkap ikan Sibolga jenis bagan tersebut. ”Kami mendapat kabar ada kapal ikan Sibolga tenggelam di perairan laut Nias Utara. Tapi, itu bukan wilayah kami, namun pihak Basarnas Nias di sana bersama unsur lainnya sudah terjun ke lokasi kecelakaan,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Komandan Lanal Sibolga Letkol Laut (P) I Gusti Putu Ngurah Sedana. ”Sebelum kapal tenggelam, nakhoda Heri sempat menghubungi pemilik/pengurus kapal. Pengurus kapal lalu memerintahkan kapal KM Natalia yang sedang berlabuh di Pulau Sarang Baung bergerak untuk membantu dan menolongkapalKM Formosa9yang dihantam oleh badai dan ombak.

Jonny simatupang
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4912 seconds (0.1#10.140)