Ospek Menarik dan Mendidik

Sabtu, 08 Agustus 2015 - 10:18 WIB
Ospek Menarik dan Mendidik
Ospek Menarik dan Mendidik
A A A
OSPEK menjadi hal yang menakutkan bagi mahasiswa baru. Sebab, kegiatan orientasi mahasiswa baru tersebut acap keluar dari hakikat dasar seharusnya.

Menurut Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) Andi Aulia Rahman, ospek merupakan fase transisi, mengenal, dan beradaptasi dari seorang siswa menjadi mahasiswa. “Karena itu, kami harus membantu mahasiswa baru untuk mempersiapkan diri menghadapi kultur kampus yang berbeda dengan zaman sekolah menengah,” sebutnya.

Ospek mendidik—bukan menyeramkan—tentu jadi harapan mahasiswa baru. Nah, sebenarnya, secara teknis perpeloncoan itu bisa dihindari loh. Bagaimana ospek yang menarik sekaligus mendidik itu? Simak tips penting ospek dari Andi Aulia Rahman.

Bentuk Mindset Panitia Teladan
Nah yang pertama harus dilakukan adalah membentuk mental kepanitiaan ospek. Siapa saja boleh terlibat, seperti aktivis kampus, pegiat organisasi, rektorat, sampai satpam kampus. Panitia harus sadar dan tahu bahwa tujuan ospek membantu memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru.

Materi Bermanfaat

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ospek harus detail memperkenalkan kampus. Materi yang wajib diberikan panitia untuk mahasiswa baru wajib berfokus pada akademik dan nonakademik. Salah satunya mencakup softskillkepemimpinan, kerja sama, dan lain-lainnya tentang kehidupan kampus.

Mahasiswa Baru Harus Ikut Peraturan
Ketegasan dari panitia itu penting. Namun, bentuk ketegasan panitia tidak boleh melebihi batas wajar, seperti mendorong secara kasar. Membuat aturan berarti membentuk disiplin mahasiswa baru pada kegiatan ospek.

Perlu Pengawasan Rektorat
Tidak hanya mahasiswa sebagai aktivis sebagai panitia, pihak rektorat kampus perlu menjadi pengawas berlangsungnya kegiatan ospek. Kampus juga harus tahu karakter dan perkembangan orientasi mahasiswa baru. Menegur bila panitia melebihi batas dan ikut terlibat dalam penyuluhan kampus.

Follow Up Ospek
Setelah berakhirnya ospek, penting bagi panitia memfollow upkegiatan. Hal ini akan bermanfaat sebagai koreksi untuk ospek pada tahun mendatang dan berefek pula pada mindsetpositif mahasiswa baru terhadap tugas dan tanggung jawab sebagai mahasiswa.

Hadi setioko
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3968 seconds (0.1#10.140)