LVRI Sosialisasikan Hari Veteran Nasional

Kamis, 06 Agustus 2015 - 08:28 WIB
LVRI Sosialisasikan Hari Veteran Nasional
LVRI Sosialisasikan Hari Veteran Nasional
A A A
YOGYAKARTA - Setelah menunggu cukup lama, legiun veteran akhirnya memiliki tanggal resmi untuk diperingati.

Veteran akan memperingati Hari Veteran Nasional (HVN) pada 10 Agustus mendatang untuk kali pertama. Peringatan di DI Yogyakarta akan dipusatkan di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara. DPD Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) DIY mulai melakukan sosialisasi hari jadi itu agar penetapan HVN diketahui publik.

Sosialisasi kepada berbagai unsur masyarakat maupun instansi pemerintah dilakukan di Makorem 072 Pamungkas kemarin. Pengurus LVRI DIY Totot Wahyu mengungkapkan, sosialisasi sangat penting dilakukan karena masih banyak orang yang tidak mengetahui makna veteran. Masyarakat tidak tahu veteran adalah pejuang pembela dan yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Penetapan 10 Agustus sebagai Hari Veteran Nasional tidak berarti para veteran ingin dihormati. Tetapi, veteran ingin agar semangat yang mereka miliki tetap diingat, terutama oleh generasi muda. Baik itu semangat nasionalisme, semangat jati diri bangsa, maupun semangat rela berkorban untuk bangsa dan negara. ”Semangat-semangat itu yang harus terus dipelihara. Karena semangat itu pula, NKRI bisa berdiri,” ucap Totot kemarin.

Kastur Brotoatmodjo, 89, salah satu veteran, meminta generasi muda untuk terus berjuang menyejahterakan masyarakat. Perjuangan harus dilakukan sampai akhir hayat. ”Tidak ada kata selesai, perjuangan harus terus berlanjut untuk kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

HVN di DIY akan diperingati dengan ziarah ke TMP Kusumanegara. Setelah itu, para veteran akan melakukan kirab dengan menggunakan andong berkeliling Kota Yogyakarta.

Sodik
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4057 seconds (0.1#10.140)