Badak Sumatera Akan Dipulangkan dari AS

Selasa, 04 Agustus 2015 - 08:52 WIB
Badak Sumatera Akan Dipulangkan dari AS
Badak Sumatera Akan Dipulangkan dari AS
A A A
JAKARTA - Harapan, badak jantan Sumatera yang lahir di Kebun Binatang Cincinnati, Amerika Serikat (AS), akan dipulangkan ke Indonesia pada akhir September nanti.

Langkah itu dilakukan untuk menghindari punahnya badak langka tersebut. Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Dahono Adji mengatakan, pemerintah bersikeras untuk tetap memulangkan Harapan ke Tanah Air karena diperkirakan sang badak akan mati jika tetap berada di sana.

Ada dugaan satwa yang hampir punah itu terlalu banyak makan kadar besi di Negeri Paman Sam. ”Harapan ini punya saudara betina bernama Suci. Sayangnya, Suci sudah mati karena terlalu banyak makan makanan berkadar besi tinggi di sana. Makanya, kami ingin Harapan dipulangkan saja,” kata Bambang.

Bambang menambahkan, setibanya di Tanah Air nanti, Harapan yang kini berusia sembilan tahun itu akan ditempatkan di Way Kambas, Bandar Lampung, Lampung. Sang badakjugaakandianalisispenyakitnya serta diupayakan untuk bisa dikembangbiakkan. ”Badak ini di atas delapan tahun, jadi sudah bisa dikawinkan. Nanti akan ada ahli yang mencoba mengembangbiakkannya,” kata Bambang.

Menurut dia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang ikut membantu program pelestarian spesies tersebut menyatakan bahwa rekomendasi untuk menerbitkan izin impor satwa itu sudah keluar. Badak Sumatera merupakan salah satu spesies yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa.

Harapan merupakan satu-satunya badak Sumatera yang ada di Kebun Binatang Cincinnati setelah kematian Suci pada 2014. Sebelum itu, pemerintah juga sudah memulangkan Andalas, saudara jantan Harapan, ke Indonesia beberapa tahun lalu.

M ridwan/ant
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6119 seconds (0.1#10.140)