Peserta Tertarik Pertunjukan Wayang Kulit

Kamis, 30 Juli 2015 - 08:39 WIB
Peserta Tertarik Pertunjukan Wayang Kulit
Peserta Tertarik Pertunjukan Wayang Kulit
A A A
MAGELANG - Memasuki hari ketiga penyelenggaraan International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015 di Magelang, Jawa Tengah, kemarin, para peserta berkesempatan mengunjungi SMA Taruna Nusantara untuk melihat kegiatan Expo Produk Kompetensi dan Job Fair SMK.

Peserta berkeliling mengunjungi setiap gerai di lokasi pameran. Bahkan, banyak di antara peserta yang memanfaatkan momen tersebut dengan membeli barang-barang hasil kerajinan untuk dijadikan oleholeh saat kembali ke negaranya masing-masing.

Salah satu acara yang menarik minat peserta yang merupakan pelajar SMA dari 41 negara tersebut adalah pertunjukan wayang kulit sendratari Ramayana yang dibawakan oleh siswa SMK Negeri 8 Surakarta. Menampilkan dalang seorang siswi, ratusan peserta asing tampak dibuat berdecak kagum. Mereka terlihat antusias dan dengan saksama menyimak pertunjukan kesenian asli Jawa Tengah tersebut.

Pertunjukkan wayang kulit ini di gelar di Halaman Balai Pancasila, Kompleks SMA Taruna Nusantara. Sementara itu, observasi atau pengamatan terhadap langit merupakan salah satu ujian yang harus dilewati para peserta olimpiade tahunan ini. Seluruh peserta mengamati langit dan bintang untuk menjawab soal-soal yang diberikan.

Peserta telah menjalani tes observasi ini di pelataran Candi Borobudur pada Selasa (28/7) malam. Hanya, panitia terpaksa membatalkan tes pengamatan dengan menggunakan teleskop karena faktor cuaca. Asisten juri IOAA 2015 Faizal Djulfikar mengatakan, kelancaran kegiatan pengamatan oleh peserta sangat bergantung pada cerahnya cuaca di lokasi pada malam hari.

Guna kelancaran kegiatan pengamatan, panitia menyediakan 46 teleskop besar untuk digunakan oleh seluruh peserta. ”Semua sedang kami persiapkan. Rencana malam ini (tadi malam) teleskop kembali akan digunakan untuk observasi para peserta” ungkap Faisal di Magelang kemarin.

Sebanyak 318 peserta yang seluruhnya pelajar SMA berprestasi di bidang astronomi dan astrofisika ambil bagian dalam IOAA IX di Kompleks Candi Borobudur, Magelang. Olimpiade bertema Astronomy Beyond the Boundaries of Humanity and Culture ini akan berlangsung 26 Juli-4 Agustus 2015.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyampaikan optimismenya tim Indonesia akan meraih hasil terbaik pada ajang internasional ini.

”Saya sangat optimistis kontingen kita bakal mampu meraih sebagai yang terbaik. Meskipun kita tahu peserta dari negara-negara maju juga ikut ambil bagian,” ujar Anies pada pembukaan IOAA 2015, Minggu (26/7).

Hery priyantono/ Muh fauzi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6044 seconds (0.1#10.140)