Jokowi Akan Lantik 793 Perwira Remaja TNI-Polri

Senin, 27 Juli 2015 - 02:28 WIB
Jokowi Akan Lantik 793 Perwira Remaja TNI-Polri
Jokowi Akan Lantik 793 Perwira Remaja TNI-Polri
A A A
SEMARANG - Sebanyak 793 perwira remaja dari Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Militer (Akmil), dan Akademi Kepolisian (Akpol) lulus pendidikan perwira.

Ratusan perwira itu akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Upacara Prasetya Perwira (Praspa) di Lapangan Bhayangkara, Kampus Akpol, Jalan Sultan Agung Kota Semarang, Kamis (30/7/2015).

Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Mayor Jenderal (TNI) Harry Purdianto, menyebut mereka yang lulus memperoleh pangkat Letnan Dua (Letda) dan Inspektur Polisi Dua (Ipda).

"Mereka juga mendapat gelar Sarjana Terapan Bidang Pertahanan (S.T.HAN) dan Sarjana Terapan Kepolisian (S.T.K). Lama pendidikan yang mereka tempuh empat tahun," ungkap lulusan AKABRI 1981 ini saat memberikan keterangan pers di ruang transit Gedung Cendekia, Kompleks Akpol, Semarang, Minggu (26/7/2015) sore.

Saat memberikan keterangan, Harry didampingi Gubernur AAL Mayjen (MAR) Guntur I.C. Lelono, Gubernur AAU Marsda TNI Abdul Muis, Gubernur Akpol Irjen Pol Pudji Hartanto Iskandar, dan Wakil Gubernur Akmil Brigjen TN) Sudirman. Gubernur Akmil Mayjen TNI Sumardi berhalangan hadir.

Berdasarkan data, Akmil meluluskan 215 perwira, AAL 100 perwira, AAU 89 perwira, dan Akpol 389 perwira. "Semuanya lulus. Ada pula yang memperoleh Adhi Makayasa atau penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap Akademi TNI dan Polri," lanjut Harry.

Penyandang gelar Adhi Makayasa dari Akmil adalah Letda Inf Angger Panduyudha, anak dari seorang guru kelahiran Batanghari yang besar di Gunung Kidul, DIY.

Dari AAL, Letda Laut (P) Adyaksa Yudistira, putra seorang PNS asal Karanganyar, AAU diraih Letda Tek Dito Sigit Kuncoro, putra pensiunan Dinas Perhubungan asal Purworejo, Jawa Tengah.

Sementara, dari Akpol, anugerah Adhi Makayasa diraih Ipda Fauzi Pratama, putra seorang wiraswasta, asal Subang, Jawa Barat.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6807 seconds (0.1#10.140)