Seniman-Seniman Lapangan Hijau Muslim

Selasa, 21 Juli 2015 - 10:13 WIB
Seniman-Seniman Lapangan Hijau Muslim
Seniman-Seniman Lapangan Hijau Muslim
A A A
Pesepak bola Muslim di lapangan hijau selama ini masih menjadi minoritas di negara-negara dengan liga terbaik khususnya di Eropa. Meski demikian sejumlah nama pemain top dikenal sebagai muslim dan pemeluk Islam taat. Siapa saja mereka?

SAMIR NASRI

Nasri mengaku bahwa dirinya adalah pemeluk Islam sejak kecil. Dalam sebuah kesempatan wawancara, pemain asal Prancis ini pernah mengucapkan kalimat takbir di depan kamera saat Manchester City memastikan diri sebagai juara Liga Inggris 2011-2012 lewat kemenangan yang dramatis. Tak hanya itu, selebrasi golnya yang unik dengan kaos bertuliskan 'EID MUBARAK' cukup terkenal.

YAYAKOLO TOURE

Rekan satu tim Nasri, yaitu Yaya Toure dan sang kakak Kolo Toure yang sempat bermain untuk Liverpool juga salah seorang penganut Islam di Premier League. Sementara adiknya, Yaya Toure juga seorang muslim taat seperti kakaknya. Mantan pemain Barcelona ini bahkan sangat menghormati perbedaan keyakinan yang terjadi di lingkungannya

FRANK RIBERY

Dia bukanlah seorang muslim sejak lahir, sebab dia adalah muallaf setelah menikahi seorang wanita asal Maroko. Saat resmi memeluk Islam, pemain yang kini merumput di Bayern Muenchen ini sedikit mengubah namanya menjadi Frank Bilal Ribery. Ribery mengungkapkan bahwa Islam membawanya pada keselamatan, sumber kekuatan, baik di lapangan atau di luar lapangan. Percaya atau tidak, setelah memeluk agama Islam dia tak pernah meninggalkan salat 5 waktu.

NICOLAS ANELKA

Saat bermain untuk klub Turki, Fenerbache, Nicolas Anelka resmi menjadi muallaf. Dia memiliki nama Islam sebagai Abdul-Salam Bilal. Mantan pemain Chelsea ini mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa Islam membawa sumber kekuatan. Anelka bahkan sanggup menjalankan puasa satu bulan penuh saat bulan Ramadan meskipun di tengah kompetisi.

KARIM BENZEMA

Dari namanya sudah jelas bisa diprediksikan jika bintang Prancis ini beragama Islam. Striker dengan nama lengkap Karim Benzema Mostafa ini merupakan keturunan Aljazair. Kesuksesannya sebagai bintang sepak bola tidak lepas dari bakat yang dimiliki sejak kecil.

SAMI KHEDIRA

Khedira merupakan pemain timnas Jerman keturunan yang juga memeluk agama Islam. Ayahnya berasal dari Tunisia. Tetapi seperti halnya pemain Timnas Jerman lainnya yang muslim Mesut Ozil, Khedira juga tidak melakukan puasa Ramadan secara penuh saat kompetisi tengah berjalan.

MESUT OZIL

Tak diragukan lagi, pemain yang menjadi andalan di lini tengah Arsenal ini adalah seorang muslim. Ya, Ozil adalah pemain asal Jerman keturunan Turki. Ketaatannya pada Islam sudah tersohor, dia bahkan sangat bangga dengan statusnya sebagai muslim.

IBRAHIM AFFELAY

Ibrahim Afellay menjadi salah satu pemain yang dianggap berbakat dalam persepakbolaan Belanda.Ia pernah memperoleh penghargaan sebagai pemain terbaik Liga Belanda tahun 2007/2008. Ibrahim Afellay terpilih sebagai “Moslim van het jaar” atau Muslim teladan di Belanda.

ERIC ABIDAL

Sejak masuk Islam, Abidal berusaha menjadi Muslim taat. Kariernya di lapangan hijau kian moncer. Mantan bek andal Barcelona dan pemain Timnas Prancis ini dikenal suka membaca Al Quran sebelum bertanding.

SULLEY MUNTARI

Nama asli pemain Timnas Ghana ini adalah Sulleyman Ali Muntari yang merujuk pada nama Nabi Sulaiman AS. Gelandang Inter Milan yang kini dipinjamkan ke AC Milan itu beberapa kali kerap merayakan gol dengan sujud syukur.

*Mencetak Prestasi Dengan Identitas Islam Di luar para pemain sepak bola dunia beragama Islam, dunia olahraga ternyata tak asing dengan para pemain muslim. Bahkan di antara mereka dikenal sebagai atlet berprestasi di cabang olahraga masing-masing.

Kareem Abdul-Jabar (Basket)
Muhammad Ali (Tinju)
Mike Tyson (Tinju)
Marat Saffin (Petenis)
Naseem Hamed (Tinju)
Imran Khan (Kriket)
Jahangir Khan (Squash)

*Stadion Eropa Yang Menyediakan Masjid

Rubin Stadium (Rubin Kazan)

Ini merupakan salah satu bukti penghargaan dan sikap toleransi antar pemeluk agama di kota Kazan, Rusia yang memiliki jumlah penduduk muslim sebesar 55% dari total penduduk kota.

Allianz Arena (Bayern Muenchen)

Sebenarnya masjid yang ada di stadion Bayern Muenchen ini baru sebatas rencana saja, akan tetapi rencana tersebut sudah dipastikan dan segera direalisasikan. Klub yang menyabet gelar juara Liga Champions 2013 ini sengaja membangun masjid untuk menghormati pemain dan fansnya yang memeluk agama Islam.

St. James Park (Newcastle United)

Namun berbeda dengan masjid-masjid yang ada pada dua stadion sebelumnya, masjid di Newcastle United lebih mirip seperti tempat khusus yang memang dikhususkan untuk beribadah. Karena itu pemeluk agama apapun dapat menggunakan ruangan ini.

Ewood Park (Blackburn Rovers)

Ewood Park juga merupakan stadion yang memiliki masjid di dalamnya. Stadion markas Blackburn Rovers FC tersebut memiliki kapasitas 31.367 tempat duduk. Masjid di Ewood Park dibangun dengan harapan untuk memfasilitasi suporter yang datang dari latar belakang dan agama yang berbeda. Tak hanya masjid, di Ewood Park juga terdapat gereja.

Etihad Stadium (Manchester City)

Etihad Stadium merupakan markas Manchester City yang terletak di kota Manchester, Inggris. Stadion yang berkapasitas 47.726 tempat duduk itu memiliki masjid di dalamnya. The Citizens dibeli pengusaha dari Abu Dhabi, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, pada 2008.

Macron Stadium
(Bolton Wanderers)

Macron Stadium menjadi markas anggota liga Inggris Bolton Wanderers. Sebelumnya, nama stadion yang berkapasitas 28.723 tempat duduk itu adalah Bolton Reebok Stadium. Masjid di Macron Stadium didirikan karena cukup banyak warga di Bolton, Inggris, yang menganut agama Islam.
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5714 seconds (0.1#10.140)