Warga Padati Tempat Wisata

Senin, 20 Juli 2015 - 09:54 WIB
Warga Padati Tempat Wisata
Warga Padati Tempat Wisata
A A A
JAKARTA - Ribuan warga di berbagai daerah mengisi waktu libur Lebaran Idul Fitri 1436 H dengan mengunjungi tempat-tempat wisata.

Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, menjadi tempat wisata yang paling padat dengan jumlah mencapai 200.461 pengunjung. Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang mengatakan, pengunjung kawasan wisata tersebut memecahkan rekor terbanyak, yakni mencapai 200.461 orang hingga pukul 16.00 WIB.

Sementara, pada Sabtu (18/7) tercatat hanya 128.779 pengunjung, sedangkan pada Jumat (17/7) atau hari pertama Lebaran, Taman Margasatwa Ragunan hanya dipadati 28.591 pengunjung. Menurut Wahyudi, tiket masuk yang murah nampaknya menjadi alternatif bagi warga Jakarta untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Biasanya sebagian pengunjung Ragunan tidak berniat melihat binatang yang ada di kawasan tersebut, melainkan datang hanya untuk makan bersama keluarga dengan jumlah lebih dari 10 orang. “Hari ini (kemarin) adalah puncak animo masyarakat mengunjungi Ragunan, mencapai 200.000 pengunjung,” tuturnya.

Sedangkan di Monas, Kepala Unit Pelaksana Teknis Monumen Nasional (Monas) Rini Haryani mengatakan, pengunjung Monas relatif meningkat, terutama pengunjung yang hendak menuju puncak Monas. Tepat pukul 11.00 WIB pihaknya menutup akses ke Puncak Monas karena kuota pengunjung untuk naik ke atas tugu yakni 1.800 sudah tercukupi.

Pihaknya mencatat, jumlah pengunjung yang memasuki kawasan Tugu Monas mencapai 18.000, namun yang bisa naik sampai puncak hanya 1.800 pengunjung. “Sejak ada rusa di sini, banyak pengunjung yang memiliki anak balita mengajak anaknya untuk memberi makan hewan,” tuturnya.

Sementara, kawasan wisata Pantai Anyer, Pantai Carita dan Tanjung Lesung diserbu pengunjung yang datang dari berbagai kota di Jabotabek dan wilayah Banten. Menurut warga Cinangka, Kabupaten Serang, Hikmatullah, tahun ini lebih banyak pengunjung dibanding liburan Lebaran tahun sebelumnya, seperti terlihat di jalur-jalur alternatif menuju Pantai Anyer. “Meski ada jalan Lingkar Selatan Cilegon, jalan alternatif sangat padat, terutama oleh pengendara sepeda motor,” katanya.

Dari Solo, Jawa Tengah, Kawasan Wisata Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) dan Taman Balekambang kebanjiran pengunjung saat Liburan pasca-Lebaran. Jumlah pengunjung meningkat 500% dibanding hari biasa yang sebanyak 3.000 orang.

Suasana tak jauh berbeda juga terjadi di Taman Balekambang. Jumlah pengunjung mencapai 10.000 orang per hari saat libur Lebaran atau meningkat tajam dibanding hari biasa yang hanya sekitar 3.000 orang per hari. “Pengunjung datang ke Balekambang karena ingin menikmati suasana alam,” ungkap Kepala UPTD Balekambang Endang Sri Murniyati.

Sedangkan dari Sumatera Utara, kawasan Wisata Parapat di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, sedikitnya 25.000 pengunjung memadati kawasan wisata tersebut selama tiga hari libur Lebaran. Tempat wisata yang ramai dikunjungi yaitu Pantai Pasir Putih, Pantai Bebas, dan Pesanggrahan Bung Karno.

Ridwansyah/ Teguh mahardika/ Ary wahyu wibowo/ Ricky hutapea
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3730 seconds (0.1#10.140)