10 Aktivitas yang Dilakukan di Mal

Kamis, 16 Juli 2015 - 13:12 WIB
10 Aktivitas yang Dilakukan di Mal
10 Aktivitas yang Dilakukan di Mal
A A A
Bagi warga di kotakota besar, mengunjungi mal tidak semata-mata bertujuan untuk berbelanja. Berbagai aktivitas bisa dilakukan saat ke mal. Berikut daftarnya menurut jajak pendapat KORAN SINDO.

1. BELANJA

Mayoritas responden menyatakan bahwa kegiatan yang paling sering dilakukan saat ke mal adalah berbelanja. Mal sebagai pusat perbelanjaan sudah pasti kegiatan utama pengunjungnya adalah berbelanja. Apalagi banyak mal memberikan potongan diskon besarbesaran untuk barang-barang tertentu. Tidak tanggung-tanggung diskon yang diberikan bisa mencapai antara 70% - 90%.

2. WINDOW SHOPPING


Window shopping memang mengasyikkan bagi sebagian orang. Mungkin mereka berfikir untuk membuat daftar benda apa yang menjadi buruan nanti saat sudah memiliki uang atau sekadar melihat -lihat tren apa yang sedang berkembang saat ini. Banyaknya brand–brand yang dijual mulai dari fashion, elektronik, hingga makanan membuat pengunjung betah berlama -lama di mal

3. MAKAN DI RESTORAN

Akhir pekan bagi sebagian orang adalah saatnya melepas kejenuhan setelah seminggu beraktivitas. Oleh karena itu, pergi ke mal menjadi sebuah opsi terbaik untuk melepas kejenuhan tersebut. Salah satu cara untuk melepaskan kejenuhan adalah mencoba kuliner di restoran favorit.

4. NONTON

Hampir sebagian besar mal-mal di kota besar memiliki bioskop. Kemajuan teknologi dalam pemutaran film memicu banyak orang untuk mengunjungi bioskop. Misalnya kualitas layar yang lebih besar, teknologi 3D, serta sound system canggih. Kualitas dari film tersebut juga membuat orang tertarik untuk pergi ke bioskop.

5. MENGUNJUNGI ARENA BERMAIN ANAK

Sebagian mal-mal besar menyediakan tempat arena bermain anak-anak. Arena ini menjadi sebuah solusi tepat untuk memberikan hiburan pada anak. Terlebih, banyak mal yang telah melengkapi arena bermain anak dengan fasilitas lengkap dan beragam. Sementara dari segi keamanan juga sangat terjaga.

6. NONGKRONG DI CAFE

Sering kali orang pergi ke mal hanya untuk berbincang-bincang dan memilih berlama-lama di cafe. Padahal sejatinya orang bisa berinteraksi dengan rekanrekannya dalam suasana santai, nyaman serta tidak kaku ketika berada di cafe mal. Fasilitas free wifi juga menjadi penunjang dan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Ditambah live music, banyak pengunjung yang kemudian betah berlama-lama nongkrong di cafe.

7. KARAOKE

Tidak sedikit mal yang menyediakan tempat untuk berkaraoke karena melihat permintaan akan fasilitas karaoke yang terus meningkat khususnya tempat karaoke bagi keluarga. Dengan aneka fasilitas menarik, tempat karaoke bisa menjadi alternatif tempat hiburan menyenangkan.

8. MENGUNJUNGI SALON/ PERAWATAN KECANTIKAN

Tubuh memerlukan perawatan intensif agar selalu tampak segar dan cerah. Sadar dengan hal tersebut, beberapa mal besar saat ini melengkapi fasilitasnya dengan menghadirkan salon atau klinik kecantikan bagi pengunjung yang ingin melakukan perawatan tubuh.

9. MEETING

Mal juga sering dijadikan sebagai tempat untuk bertemu dengan klien membicarakan hal tertentu terkait pekerjaan atau lainnya. Cafe biasanya dijadikan pilihan karena suasananya yang tidak terlalu formal. Banyak orang yang datang ke mal hanya untuk melakukan meeting dengan rekan kerjanya.

10. PERGI KE GYM

Saat ini kesadaran orang akan pentingnya kesehatan semakin tinggi. Hal itupun disadari pengelola mal sehingga mereka kemudian menyediakan fasilitas sarana olahraga bagi pengunjungnya. Fenomena ini bisa terlihat dari menjamurnya sarana Gym di mal-mal besar. Tingkat kunjungannya pun sangat tinggi.

Belanja 40%
Window Shopping 27%
Makan di Restoran 14%
Nonton Bioskop 5%
Mengunjungi Arena Bermain 4%
Nongkrong di Cafe 3%
Karaoke 2%
Mengunjungi Salon/Perawatan Kecantikan 2%
Meeting 2%
Pergi ke Gym 1%

-Menurut Global Cities Retail Guide tahun 2013/2014 dari Cushman & Wakefield, lahan ritel di Jakarta telah tumbuh lebih dari 17%, atau hampir mencapai angka 4 juta meter persegi atau bisa dikatakan hampir menyamai 9 kali luas kota Vatikan
-Data Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) tahun 2012 menyebutkan jumlah mal di seluruh Indonesia 240 mal
-Bank Indonesia mengungkapkan penjualan ritel di Jakarta menurun 9% year-on-year antara Januari 2014-2015.
-Ini sangat jauh bila dibandingkan dengan kota lain seperti Bandung, yang mempunyai pertumbuhan kuat di periode sama sebesar 55%, Manado sekitar 9%, Surabaya 1%, Banjarmasin dan Makassar masing-masing turun 5% dan 4%

MAL TERBESAR DI SEJUMLAH DAERAH

Hermes Palace Mall Banda Aceh
Hermes Palace Mall terletak tepat di jantung Kota Banda Aceh. Mal ini gampang diakses dari mana-mana. Di sekitarnya banyak terdapat hotel dan rumah makan

Medan Mall
Meski banyak mal berdiri di Kota Medan, mal yang satu ini tetap jadi pilihan favorit warga Medan dan sekitarnya. Salah satu sebabnya adalah adanya Pusat Pasar yang terletak dekat dengan mal ini. Jalan di sekitar mal ini cukup rawan macet karena berada di tengah kota.

Plaza Andalas Padang
Gempa 2009 yang menerjang Kota Padang turut merusak mal terbesar di Kota Padang ini. Tapi pengelola mal langsung membuat proyek renovasi setahun kemudian dan mal ini kembali tegak berdiri.

Nagoya Hill Mal Batam
Nagoya Hill Mal terletak di kawasan superstrategis di tengah Kota Batam. Mal terbesar di Batam ini pernah terbakar pada 2013, tapi kini sudah kembali berbenah. Di sekitar mal ini banyak terdapat restoran, kafe, kantor, apartemen, dan dekat dengan terminal feri.

Palembang Indah Mall
Mal yang populer di kalangan anak muda Palembang dengan sebutan PIM ini adalah mal yang mengusung konsep elifestyle. Tak hanya ABG, keluarga pun kerap refreshing di mal ini saat akhir pekan

Taman Anggrek Jakarta
Mal di Jakarta sangat banyak tapi yang terbesar adalah Mal Taman Anggrek (TA) di Jakarta Barat. Saat didirkan pada 1996, TA adalah mal terbesar di Asia Tenggara. Lokasi mal ini sangat strategis, dekat dengan kawasan Segitiga Emas di Jakarta dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum.

Supermal Karawaci Tangerang
Tangerang punya mal yang lebih besar ketimbang tetangganya, Jakarta. Supermal Karawaci namanya. Mal ini berdiri pada 1992 dengan nama Lippo Supermall dan sempat dijarah serta dibakar dalam kerusuhan 1998. Setelah direnovasi, mal ini berubah nama dan semakin luas.

Summarecon Mal Bekasi
Summarecon Mal cabang Bekasi ini baru dibangun bersamaan dengan kawasan perumahan elite di sana. Yang paling keren dari mal ini adalah foodcourt-nya yang sampai ada tiga. Dua menjual makanan modern, satu makanan tradisional. Mal ini mudah diakses karena dekat dengan Stasiun Bekasi.

Trans Studio Mal Bandung
Dibangunnya Trans Studio Mal membuat mal lain di Bandung kalah populer. Sebab, ada wahana Trans Studio yang menyajikan banyak hiburan buat keluarga. Mal ini memang membawa konsep mal yang ramah buat keluarga. Lokasi mal ini pun sangat strategis, yaitu di kawasan Jalan Jenderal Gatot Subroto.

Mal Jayapura Papua
Mal Jayapura yang didirikan pada 2012 punya konsep yang serupa dengan mal di Ibu Kota. Keberadaan mal ini bahkan menyejajarkan posisi Papua dengan provinsi lain.

Foto-Foto: Istimewa/Grafis: Bobby Firmansyah
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3154 seconds (0.1#10.140)