Ary Ginanjar Ajak Umat Kembali ke Fitrah

Minggu, 12 Juli 2015 - 10:52 WIB
Ary Ginanjar Ajak Umat Kembali ke Fitrah
Ary Ginanjar Ajak Umat Kembali ke Fitrah
A A A
JAKARTA - Pakar pembangunan karakter yang juga pendiri ESQ 165, Ary Ginanjar Agustian, mengingatkan agar melalui momentum puasa Ramadan ini semua orang kembali kepada fitrahnya masingmasing.

Apa pun profesi yang dijalani setiap manusia, seyogianya selalu berlandaskan pada fitrahnya. ”Substansi puasa itu kan fitrah fisik dan spiritual. Jiwa suci kembali dibersihkan. Semua kembali pada fitrahnya. Pegawai negeri fitrahnya pengabdian, hukum fitrahnya keadilan, dan ekonomi fitrahnya pemerataan. Fitrah inilah yang harusnya dilakukan dan diikat dengan komitmen,” ujarnya saat menyampaikan ceramah pada acara buka puasa yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yang dihadiri Presiden Joko Widodo serta pejabat negara lainnya di Jakarta Convention Centre , Jakarta, Jumat (10/7).

Dalam kesempatan singkat tersebut, Ary juga menyampaikan tentang keutamaan pekerjaan berdagang dalam Islam. ”Dari sepuluh pintu rezeki, sembilannya adalah berdagang, dan satunya baru bekerja,” ujarnya. Hanya, kata dia, entrepreneur di Indonesia diakui jumlahnya masih kecil jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Entrepreneur di Indonesia jumlahnya hanya 1,65%, dibandingkan dengan Malaysia 5%, Thailand 4%, Singapura 7%, dan Amerika 10%. Meski demikian, lanjut dia, Indonesia tetap harus bersyukur karena telah menjadi bagian dari golongan yang menggunakan sembilan dari sepuluh pintu rezeki itu, meskipun belum maksimal.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto berjanji akan membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan perekonomian yang melanda Indonesia.

”Kadin mencermati, dan kita bersyukur pemerintah telah cukup tanggap dengan mengambil langkah korektif dan preventif. Maka itu, kita yakinkan pemerintah bahwa dunia usaha siap membantu pemerintah bekerja sama mengatasi permasalahan ekonomi yang sedang melanda kita,” kata Suryo.

Bakti munir/ant
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5870 seconds (0.1#10.140)