Gudang Cat Terbakar, Kerugian Ratusan Juta

Rabu, 08 Juli 2015 - 10:20 WIB
Gudang Cat Terbakar, Kerugian Ratusan Juta
Gudang Cat Terbakar, Kerugian Ratusan Juta
A A A
BOGOR - Gudang penyimpanan pengencer cat (tinner ) di Kelurahan Cikaret, Cibinong, Kabupaten Bogor, terbakar, kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta.

Peristiwa itu sekitar pukul 11.45 WIB ketika para karyawan hendak beristirahat. ”Saat kejadian saya mau turun. Tiba-tiba banyak asap dan saya periksa api sudah membesar di gudang,” kata Yadi, 34, karyawan gudang. Ketika api semakin membesar, puluhan karyawan langsung berhamburan keluar dan sebagian lagi memadamkan api menggunakan hidran alat pemadam api ringan (apar).

Banyak bahan kimia di gudang yang mudah terbakar membuat api semakin membesar dan para karyawan akhirnya memilih mundur. ”Apinya nyamber ke drum tinner, terus meledak. Itu yang bikin kita semakin takut, lalu semua keluar,” ujarnya. Saking besarnya api, dia sempat mendengar suara ledakan yang mengakibatkan puluhan kaleng dan drum tinner terpental keluar bangunan. ”Di lantai 1 itu memang banyak drum tinner . Kita sudah usaha matiin apinya pakai apar, tapi apinya terus membesar,” ucapnya.

Irfan Yanwar, 27, warga setempat, menuturkan, kebakaran di pabrik tinner itu membuat panik warga sekitar. Sebelum api meratakan bangunan sempat terdengar lima kali ledakan. ”Kebakarannya bikin ngeri , banyak yang meledak. Ada lebih dari lima ledakan yang saya dengar, mungkin itu dari drum-drum tinner yang terbakar,” ucapnya.

Banyak bahan yang mudah terbakar membuat api makin cepat menjalar ke bagian bangunan lain di pabrik tinner . Api kemudian membakar tiga kios dan sebuah toko bangunan yang berada di samping gudang. ”Ada tiga kios yang ikut terbakar. Di situ ada kios penjual spanduk, percetakan, dan kios warnet ditambah lagi toko material,” kata Kasi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Aksomo.

Selain bangunan, terdapat 11 unit sepeda motor yang terparkir di depan kios juga hangus terbakar. ”Kalau korban jiwa, memang tidak ada. Sementara ini hanya korban materi,” ucapnya. Sebanyak 12 mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api. Puluhan petugas dan warga berjibaku memadamkan api.

”Ini gudang tinner , jadi mudah meledak. Terjadi beberapa ledakan ketika pemadaman. Ada juga tangki berkapasitas 5.000 liter di dalam pabrik dan berhasil diamankan dari api oleh petugas sehingga tidak meledak. Yang meledak itu drum-drum kecil,” ucap Budi.

Api berhasil dipadamkan satu jam kemudian. Saat ini petugas kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran gudang tinner tersebut.

Haryudi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5736 seconds (0.1#10.140)