Bayar Belanjaan melalui Handphone

Senin, 06 Juli 2015 - 10:24 WIB
Bayar Belanjaan melalui Handphone
Bayar Belanjaan melalui Handphone
A A A
Dengan kecanggihan teknologi, masyarakat kini tak perlu repot untuk melakukan berbagai transaksi secara tunai. Semua bisa dikendalikan melalui ponsel bahkan tanpa perlu membuka rekening bank.

Jika perbankan mengelola sektore-banking untuk memudahkan transaksi masyarakat, operator telekomunikasi juga menjadi salah satu bagian industri yang tidak ingin ketinggalan menggarap potensi ini melalui layanan yang disebut e-money.

Dalam beberapa tahun terakhir Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat juga menawarkan pelanggannya untuk memiliki e-money melalui gadget mereka. Vice President Digital Payment and Mobile Banking Telkomsel R Andi Utomo mengatakan, layanan e-money perseroan diberi nama Telkomsel Cash (TCASH). Dengan adanya layanan ini, pelanggan Telkomsel tidak perlu repot membawa uang tunai karena semua dapat dilakukan melalui ponsel masing- masing.

Misalnya, melakukan transaksi belanja, membayar tagihan, dan mengirim uang secara aman, mudah, dan cepat semudah seperti mengirim SMS. Menurut Andi TCASH yang kini sudah memiliki pelanggan hingga 15 juta adalah bukti bahwa respons pasar terhadap layanan e-money sangat positif. ”Nantinya diharapkan konsumen bisa lebih termudahkan dengan layanan TCASH,” katanya.

Jika Telkomsel memiliki layanan TCASH, maka operator XL mempunyai layanan XL Tunai yang sudah resmi diluncurkan sejak Juni 2012. Pelanggan XL Tunai saat ini dapat menggunakan layanan tersebut untuk pembayaran pulsa, belanja di toko, belanja online, membayar tagihan bulanan, kirim uang, hingga penarikan tunai. Menurut Chief Digital Service Officer XL Axiata Yessie Yosetya, banyak manfaat yang didapatkan dengan menggunakan XL Tunai.

Misalnya, kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran sehingga akan menambah value added bagi pelanggan. ”Pelanggan akan menghemat waktu dan juga tenaga saat melakukan transaksi, contohnya tidak perlu antre di loket untuk pembayaran tagihan bulanan,” ungkapnya. Yessie menjelaskan, meski XLTunaisudahmemiliki1,4juta pelanggan, XL masih punya pekerjaan besar untuk mengedukasi masyarakat agar produk ini dapat diterima lebih luas lagi.

Dia menambahkan, bagi yang sudah mengerti kemudahan dan kenyamanan menggunakan uang elektronik XL Tunai, servis ini sangat membantu mereka dalam melakukan transaksi. ”Contohnya, transaksi online di Elevenia dapat dilakukan langsung dari handphone tanpa harus menyiapkan uang Tunai atau ke ATM, pembelian token listrik bisa juga langsung dilakukan dari hp, begitu pula transaksi kirim uang ke dalam dan luar negeri juga bisa dilakukan dari XL Tunai,” tuturnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Indosat dalam mengeluarkan produk e-money, layanan itu disebut dengan Dompetku. Layanan uang elektronik ini memungkinkan pelanggan Indosat melakukan berbagai transaksi fi-nansial. Head POP & Merchant Group Mobile Financial Services Indosat Jeany Jorico Wenzen mengatakan, saat ini sedang ada program cash back bagi nasabah pengguna e-money Dompetku.

”Cash back didapat jika melakukan transaksi di merchant yang bekerja sama dengan layanan Dompetku. Termasuk, voucher untuk berbelanja online yang dapat digunakan untuk keperluan Lebaran,” ujarnya. Dia menambahkan, layanan yang ditawarkan Dompetku tidak hanya sebatas pembayaran tagihan dan pembelian pulsa. Dompetku bisa digunakan untuk membayar cicilan motor, membeli asuransi, dan sebagainya.

Dengan adanya layanan Dompetku, transaksi akan lebih mudah, aman, dan murah. Bahkan, untuk memaksimalkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, In-dosat tidak hanya mengeluarkan produkDompetku. Pada 15Juni 2015 lalu layanan Dompetku Pengiriman Uang juga diresmikan. ”Jadi, layanan e-money bisa menggunakan Dompetku, dan ada juga layanan cash to cash melalui Dompetku Pengiriman Uang,” tuturnya.

Tak mau kalah dengan operator seluler, Bank CIMB Niaga juga mengeluarkan produk Rekening Ponsel. Produk yang sudah diluncurkan sejak Maret 2013 ini menjadi produk pertama di Indonesia yang memungkinkan penggunanya menikmati layanan perbankan tanpa harus membuka rekening bank. Head of Branch & Branchless Banking CIMB Niaga Budiman Poedjirahardjo mengungkapkan, banyak manfaat dengan menggunakan layanan Rekening Ponsel, di antaranya mengirim dan menerima uang dapat dilakukan melalui nomor HP ke nomor HP manapun di Indonesia tanpa biaya.

Layanan Rekening Ponsel pun memberikan kemudahan yaitu tarik tunai di ATM CIMB Niaga manapun dapat dilakukan tanpa menggunakan kartu, cukup dengan ponsel. ”Manfaat lainnya seperti transfer ke nomor rekening bank di seluruh Indonesia, bayar tagihan dan isi pulsa HP pra-bayar juga dapat dilakukan melalui Rekening Ponsel,” ungkapnya.

Dina angelina
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4227 seconds (0.1#10.140)