alexametrics

10 Gitaris Indonesia Terfavorit

loading...
10 Gitaris Indonesia Terfavorit
10 Gitaris Indonesia Terfavorit
A+ A-
Kepiawaian jari-jari mereka dalam memainkan gitar membuat 10 gitaris Indonesia ini menjadi idola dan mengundang decak kagum. Berikut 10 gitaris itu menurut jajak pendapat KORAN SINDO.

DEWA BUDJANA (GIGI) 21%

Gitaris Band GIGI yang lebih dikenal dengan nama Dewa Budjana ini memang sangat piawai dalam memainkan gitar. Tak hanya dalam skala lokal, kepiawaian pria kelahiran Sumba Barat, NTB, 30 Agustus 1960 tersebut dalam memetik gitar juga diakui dunia internasional. Delapan album berskala internasional telah lahir dari tangannya yakni Nusa Damai (1997), Samsara (2003), Home (2005), Dawai in Paradise (2011), Joged Khayangan (2013), Surya Namaskar (2014), dan Hasta Karma (2015).

ANDRA (Andra and The Backbone) 11,1%

Gitaris yang popular melalui band Dewa 19 (1992), Andra Junaidi Ramadhan atau dikenal dengan sapaan Andra ini dikagumi bukan hanya karena skill mumpuni namun juga karena kecakapan intuisinya mencipta lagu. Di tahun 2006, musisi yang mengidolakan Led Zeppelin, The Police, Duran Duran, U2 ini membentuk band Andra and The Backbone bersama Stevie Item dan Dedy Lisan yang bergenre alternative rock, hard rock dan pop rock.

ABDEE NEGARA (Slank) 10,9%

Musisi yang dikenal dengan pemainan bluesnya yang kental ini mengawali kariernya dengan bergabung bersama band Ecky Lamoh, Gideon Tengker, dan Henky Supit. Nama Abdee mulai dikenal publik sejak bergabung di band Slank. Bersama Slank, Abdee telah merilis album Tujuh (1997), Mata Hati Reformasi (1999), 999+09 1 dan 999+09 2, kemudian Ngangkang (2000), Virus (2001), Satu Satu dan Bajakan (2003).

EROSS CHANDRA (Sheila on 7) 10,4%


Eross adalah gitaris sekaligus pencipta lagu produktif di bandnya Sheila on 7. Berangkat dari keluarga pemusik, membuat pria kelahiran Yogyakarta 3 Juli 1979 ini tertarik dengan alat musik gitar. Musiknya yang easy listening dan berlirik kuat menjadi kekuatan sekaligus ciri khas Eross. Tak hanya menghasilkan lagu untuk bandnya, pentolan Sheila on 7 ini juga produktif menciptakan lagu untuk penyanyi lain.

PIYU (Padi) 8,6%

Satriyo Yudi Wahono atau yang akrab disebut Piyu merupakan gitaris sekaligus pencipta lagu band Padi. Sebelum berkarir di Padi, Piyu pernah tergabung dalam band trash metal seperti Crystal, Airo dan Rotor. Bermain di band-band tersebut menjadi modal awal Piyu mengembangkan bakat bermusiknya saat tergabung di Padi. Menggebrak kancah musik Indonesia dengan single “Sobat” membawa nama Padi menjadi band yang diperhitungkan di Indonesia.

EBIET G. ADE 8,6%

Era 70 – 80an menjadi masa kejayaan penyanyi pop balad, Ebiet G. Ade. Gitaris dan penyanyi yang identik dengan gitar akustiknya ini dikenal publik dengan lirik-lirik bertemakan alam dan kaum marginal. Saat itu lagu-lagu ciptaannya menjadi trend baru kala musik pop tengah booming. Bahkan lagu-lagu pria kelahiran Banjarnegara, Jateng ini sempat merajai dunia musik pop tanah air. Lagu-lagunya sampai saat ini masih sangat akrab di telinga seperti Titip Rindu Buat Ayah (1999), Berita Kepada Kawan, Untuk Kita Renungkan.

ONCI (Ungu) 6,7%

Gitaris bernama lengkap Arlonsy Miraldi atau kerap disapa Onci ini, dikenal di dunia musik Indonesia sejak dirinya bergabung di band Funky Kopral, band beraliran pop, rock, rap, funk, R&B dan ska. Di tahun 2003 Onci hengkang dari Fungky Kopral dan bergabung di bank Ungu. Dikenal sebagai gitaris yang bermusikalitas tinggi, Onci cepat menyesuaikan diri di band Ungu yang genre musiknya berbeda dengan band sebelumnya.

UKI (Noah) 6,4%

Dikenal dengan Uki Peterpan (saat ini dikenal Noah), gitaris yang mengidolakan band rock Inggris, Oasis ini mendapat gitar listrik pertamanya di usia 17 tahun. Keinginan yang menggebu untuk menjadi superstar membuat Uki membentuk band Topi (1997) bersama Ariel, Andika dan Indra. Band ini kemudian menjadi cikal bakal terbentuknya Peterpan yang saat ini berubah menjadi Noah

TOHPATI 6,4%

Menyebut nama Tohpati, publik langsung mengenalinya sebagai The Guitar Hero. Gitaris ini lekat dengan aliran music jazz. Kepiawaiannya memainkan gitar terlihat dari kecerdasannya mengolah musik tradisional menjadi lebih futuristik. Tohpati pernah membentuk grup Funk Section bersama Glen Fredly dan Shakila. Di tahun 2004 , dirinya bersama Budjana serta Balawan membentuk Trisum dan sering mengisi acara-acara music seperti Java Jazz Festival.

I WAYAN BALAWAN 2,5%

Pria kelahiran Gianyar, Bali, 9 September 1973 ini dikenal dunia musik Tanah Air dengan teknik bermain gitar 8 Fingers Touch Style atau juga dikenal sebagai Touch-Tapping Style. Kemampuannya mengatur ritme dan kecepatan tangan menjadikan Balawan dijuluki sebagai The Magic Fingers. Karena keahliannya mencabik senar gitar, Balawan pernah dinobatkan sebagai salah satu 100 Gitaris Terbaik Dunia versi majalah Rolling Stone

*10 Dewa Gitar di Dunia

Jimi Hendrix

Semua orang tidak akan menolak apabila dikatakan bahwa ia adalah pelopor dan inspirator terbesar dalam permainan gitar yang berkembang di abad ke-20. Hendrix mempopulerkan trik-trik bermain gitar elektrik seperti Feedback dan distorsi yang akhirnya dipakai oleh semua gitaris yang menggunakan gitar elektrik dimasa depan

Robert Johnson

Meski namanya kurang terdengar, ia adalah peletak fondasi permainnan gitar blues dan rock modern. Kemungkinan besar ialah orang pertama di daratan Amerika yang mendendangkan permainan blues.

B.B King

The King of Blues adalah gelar BB King. Sepanjang hidupnya ia telah memperoleh 14 Grammy award, dua kali namanya menghiasi Rock and Roll Hall of fame, karyanya juga menghantarkan ia memperoleh tempat di Blues Hall of Fame, Hollywood Star Walk of Fame dan di Song Writer Hall of Fame

Eric Clapton

Eric Clapton adalah salah satu gitaris yang paling berpengaruh bagi perkembangan dunia gitar rock di dunia selain Jimi Hendrix. Clapton juga satu-satunya musisi yang namanya masuk sampai 3 kali di Rock and Roll Hall of Fame serta berada di urutan kedua gitaris terhebat sepanjang masa versi majalah Rolling Stone dan nomor 4 versi majalah Gibson.

Chuck Berry

Chuck Berry adalah musikus berpengaruh dan salah seorang dari perintis musik rock and roll. Meski tidak ada tokoh yang bisa dikatakan sebagai pencipta rock and roll namun Chuck Berry adalah satu-satunya yang bisa dikatakan paling mendekati karena mampu mengumpulkan semua unsur-unsur penting rock and roll menjadi satu.

Joe Satriani

Nama Joe Satriani mulai melejit ketika salah seorang mantan muridnya, Steve Vai, tampil menjadi gitaris band solo David Lee Roth. Selain Steve Vai, sejumlah gitaris hebat diketahui juga pernah menjadi murid Satriani di antaranya Kirk Hammet (Metallica), Larry La Londe (Primus), David Bryson (Counting Crows), dan gitaris Jazz Charlie Hunter.

Slash

Namanya begitu terkenal di seluruh dunia semenjak mengorbit bersama salah satu band rock terbesar dunia, Gun’s N’ Roses (GNR). Dua album terbaik GNR yakni Appetite For Destruction, dan Use Your Illusion I dan II menjadikan Slash salah satu gitaris terbaik dunia.

Jimmy Page

Jimmy Page adalah gitaris yang menjadi ikon permainan gitar di tahun 1970-an. Tehnik gitar andalannya Appergio, Slurring dan Folk picking style mempengaruhi banyak gitaris terutama gitaris Blues Rock, Rock Alternatif dan Metal sampai saat ini.

Kirk Hammet

Kesuksesan grup band legendaris Metallica tentu saja tidak lepas dari peranan sang gitaris, Kirk Hammet. Semangat dan kemampuannya dalam explorasi dengan cepat menghantarkan nama Kirk sebagai gitaris yang diperhitungkan

Kurt Cobain

Permainan gitar sarat pemberontakan dan kegelisahan mungkin melekat pada musik Grunge yang diteriakkan oleh Kurt Cobain dan Nirvananya. Aliran musik yang gitarnya identik dengan distorsi kasar dan cord yang terdengar sumbang ini sukses mengakhiri era glam metal dan alternative rock tahun 1980-an.

*Jenis Gitar Akustik

1. Gitar Akustik Steel String

Yaitu gitar akustik yang menggunakan senar steel / kawat.

2. Gitar Akustik Classic Nylon String

Yaitu gitar akustik yang menggunakan senar nylon. Biasa digunakan untuk memainkan musik2 klasik -Kalau Gitar Elektrik adalah gitar yang tidak memiliki ruangan kosong dalam bodynya (tidak bolong).
-Suara yang dihasilkan diandalkan Suara yang dihasilkan dari pickup (mic-nya senar) yang ditransfer ke amplifier.
-Ada juga gitar listrik yang semi hollow-body, biasanya gitar2 jazz /blues.
-Gitar elektrik menggunakan senar steel/kawat.

*Macam-macam gitar

Secara garis besar ada dua:

1. Gitar Akustik/ Akustik Elektrik

2. Gitar Elektrik
-Gitar Akustik adalah gitar yang menggunakan prinsip resonansi pada body gitar yang bolong.
-Gitar Akustik Elektrik yaitu gitar akustik yang bisa dicolok ke Amplifier gitar jenis ini mempunyai semacam Mic untuk senar yang disebut Pick-up

Gitar akustik

-Gitar akustik khususnya klasik banyak menggunakan teknik fingerpicking (menggunakan 4 jari tangan kanan : jempol, telunjuk, tengah, dan manis).
-Pemain gitar classic jarang sekali melakukan strumming/ nggenjreng.
-Pemain gitar akustik steel string banyak sekali melakukan teknik strumming.
-Pemain gitar classic jarang sekali Pemain Pemain gitar classic jarang sekali menggunakan pick dalam memetik, lain lagi kalau pemain gitar akustik steel string dan gitar elektrik yg sering menggunakan pick.

Gitar elektrik

-Kalau gitar elektrik "wajib" menggunakan pick untuk menghasilkan suara yang clean dan sempurna.
-Jarang sekali pemain gitar elektrik menggunakan teknik petikan dengan fingerpicking karena mengingat ukuran neck yang kecil sehingga menyulitkan melakukan fingerpicking
-Gitar elektrik memiliki sangat banyak teknik yang tidak dimiliki gitar akustik/classic seperti teknik tapping, pinch harmonic, pick tapping, dan tremolo

*Gitar-gitar Termahal

Gitar Bob Marley

Merk: Washburn Harga: Rp23.330.000.000

Gitar Jimi Hendrix

Merk: Fender Stratocaster Harga: harga sekitar Rp23.330.000.000

Gitar Eric Clapton

gitar bahan emas 23 karat Harga Rp5.313.990.750

Gitar Kesayangan The Beatles

Merek: Gibson SG Harga: Rp6.649.050.000

Gitar Steve Vai

Merk: Fender Stratocaster Harga Rp7.273.127.500

Gitar Untuk Kemanusiaan

Jenis: Gitar Fender Stratocaster Ditanda tangani oleh sejumlah gitaris kenamaan Mick Jagger, Keith Richards, Eric Clapton, Brian May, dan Jimmy Page Terjual: USD 2.7 juta
(bbg)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top