Pansel Akan Objektif Respons Pendaftar Capim KPK

Selasa, 23 Juni 2015 - 16:39 WIB
Pansel Akan Objektif Respons Pendaftar Capim KPK
Pansel Akan Objektif Respons Pendaftar Capim KPK
A A A
JAKARTA - Panitia seleksi (Pansel) Calon pemimpin (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan, semua orang mempunyai kesempatan sama untuk mendaftar sebagai calon Pemimpin KPK.

Ketua Pansel Destry Damayanti mengatakan, Pansel KPK tidak melihat latar belakang pendaftar dan tetap akan diperlakukan sama. Menurut Destry, semua pendaftar tetap mengikuti tahapan seleksi.

"Bahwa yang bersangkutan berkaitan dengan institusi tertentu, pada akhirnya kita akan lihat mereka sebagai satu individu. Kita enggak lihat dia bajunya apa," kata Destry di Kantor Setneg, Jakarta, Selasa (23/6/2015).

Tidak hanya itu, jika terpilih jadi Komisioner KPK, maka harus meninggalkan jabatan sebelumnya, ini juga berlaku pendaftar dari Kepolisian, Kejaksaan dan TNI.

"Bahwa siapapun yang pegang jabatan saat ini, pada saat dia jadi pimpinan KPK, dia harus tinggalkan jabatan atau profesinya saat ini," tegasnya.

Pansel memperpanjang pendaftaran hingga 3 Juli 2015, calon Pemimpin KPK diberi kesempatan untuk melengkapi syarat-syarat yang belum lengkap, seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

"Selain LHKPN, ada juga lulusan dari universitas luar negeri, kami harap ada legalisir karena lulusan dari luar negeri, kami minta legalisir dari dikti," ucap Destry.

Mengenai pembuatan makalah, Pansel KPK sudah memberikan arahan kepada pendaftar calon Pemimpin KPK. Sedangkan pengumuman hasil penilaian makalah akan disampaikan pada 15 Juli 2015.

"Kita sudah kasih kisi-kisinya yang ditulis harus terkait visi, misi, apa yang akan dilakukan oleh calon pendaftar, karena latar belakang pendaftar berbeda," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6813 seconds (0.1#10.140)