Asuransi Pendidikan Kebutuhan Primer

Senin, 22 Juni 2015 - 10:43 WIB
Asuransi Pendidikan Kebutuhan Primer
Asuransi Pendidikan Kebutuhan Primer
A A A
Menghasilkan generasi yang cerdas dan berkualitas tentu tidak mudah. Terlebih, saat ini biaya pendidikan sangat tinggi dan sulit terjangkau. Fenomena itu membuat memiliki asuransi pendidikan menjadi kebutuhan primer bagi setiap keluarga Indonesia.

Kesadaran pentingnya asuransi pendidikan di Indonesia masih sangat rendah. Sebagian masyarakat memang sudah merasakan pentingnya menjadi peserta asuransi. Namun, hal itu baru sebatas asuransi jiwa atau kesehatan untuk dirinya dan keluarga. Bagaimana membuat orangtua menjadikan asuransi pendidikan sesuatu yang utama. Berikut petikan wawancara KORAN SINDO dengan Presiden Direktur MNC Life Patricia Rolla Bawata.

Seperti apa sumbangan industri asuransi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia?

Pentingnya pendidikan mendorong setiap orangtua untuk berupaya agar anak-anaknya mendapatkan pendidikan terbaik. Namun, biaya pendidikan sangatlah tinggi. Setiap tahunnya kenaikan biaya pendidikan di Indonesia sangat signifikan. Jauh lebih besar dibandingkan tingkat inflasi ekonomi tahunan.

Apa penyebabnya?

Salah satu penyebabnya adalah tidak sebandingnya jumlah sekolah dengan masyarakat yang hendak melanjutkan pendidikan. Maksudnya, pendidikan di Indonesia seperti piramida. Pendidikan pada jenjang sekolah dasar lebih banyak jumlahnya bila dibandingkan dengan jumlah sekolah tingkat selanjutnya. Akibatnya, berlakulah sistem supply-demand. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa pendidikan di Indonesia mahal. Dengan memiliki asuransi pendidikan, orangtua bisa merencanakan keuangan dengan matang. Kelak dapat dipergunakan untuk pendidikan anakanaknya. Pengalaman hidup tidak bisa dimungkiri, banyak orang yang sebenarnya tidak mempunyai rencana untuk gagal, tetapi mereka gagal berencana. Di situlah pentingnya perencanaan keuangan yang biasanya diperankan perusahaan asuransi.

Seberapa besar pemahaman masyarakat terhadap pentingnya asuransi pendidikan?

Saat ini kesadaran itu belum tinggi. Sebagian masyarakat memang sudah merasakan pentingnya menjadi peserta asuransi. Tetapi, bukan asuransi pendidikan. Kecenderungannya, mereka ingin memiliki asuransi untuk dirinya sendiri dulu seperti asuransi kesehatan. Setelah itu baru untuk anak-anak mereka yang mau sekolah. Ini yang menjadi salah satu alasan mengapa asuransi pendidikan menjadi nomor dua. Padahal sebenarnya asuransi pendidikan merupakan kebutuhan primer. Tentunya kita selalu ingin memastikan anak-anak bisa mendapat pendidikan berkualitas. Atau paling tidak di saat membutuhkan dana untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Dananya telah siap dan membuat kita memiliki banyak pilihan sekolah berkualitas. Tidak perlu sampai harus menjual aset ataupun hingga sampai menimbulkan utang.

Apa yang membedakan asuransi pendidikan dengan asuransi lainnya?

Asuransi pendidikan, bukanlah jenis asuransi yang investasinya dapat diambil kapan saja. Asuransi pendidikan, dananya baru bisa diambil ketika anak hendak masuk sekolah. Jadi kalau orangtua hendak membeli sesuatu dananya tidak bisa diambil dari investasi tersebut. Dananya sudah dikunci sampai anak mau sekolah. Itulah sebabnya harus benar-benar dibedakan antara menjadi peserta asuransi biasa atau benar- benar asuransi pendidikan.

Sebaiknya sejak kapan menjadi peserta asuransi pendidikan?

Sebaiknya sejak anak-anak masih dalam kandungan sudah dapat dipersiapkan. Apalagi biasanya, orangtua sudah memiliki harapan-harapan terhadap anak-anaknya jika lahir ke dunia. Misalnya, lahir dalam kondisi sehat, serta ketika sudah dewasa bisa berguna bagi bangsa, negara, keluarga dan agama. Selalu kan,orangtua berharap seperti itu.

Nah, apa yang harus dilakukan orangtua?

Tentunya jangan hanya berharap. Tapi, segeralah bertindak dengan mulai merencanakan pendidikan anak di masa depan. Hal ini akan sangat terbantu dengan program asuransi pendidikan dari MNC Life. Supaya ke depannya anak kita bisa sekolah sampai ke jenjang lebih tinggi dengan banyaknya pilihan sekolah yang diinginkan. Apabila terjadi sesuatu terhadap orangtua, anak tetap bisa terus melanjutkan sekolah. Sehingga, harapan orangtua terhadap anak-anaknya bisa terwujud. Dana pendidikan anak tidak terganggu dengan risiko finansial orangtua yang mungkin bisa terjadi saat tak terduga.

Seperti apa produk asuransi pendidikan MNC Life?

Tidak seperti perusahaan asuransi lainnya. Sejak berdiri MNC Life telah memutuskan untuk fokus di asuransi pendidikan. Karena, kita ingin ikut serta mendukung program pemerintahuntuk mencerdaskan bangsa melalui berbagai produk asuransi yang kita miliki. Saat ini MNC Life telah memiliki produk asuransi pendidikan bernama United Dana Siswa. Ditujukan bagi masyarakat yang menginginkan adanya ketersediaan dana pendidikan bagi anakanaknya, serta perlindungan maksimal bagi pemegang polis atau ahli waris. Kami menargetkan young age di bawah balita agar ketika sudah mau kuliah tidak telat. Semakin muda usia anak, pembayaran premi menjadi lebih murah. Jika dalam satu tahun ada 5 juta new born, target 10% dari new born tersebut menjadi peserta asuransi pendidikan MNC Life, tentunya sudah bagus. Kami optimistis bisa merealisasikan target tersebut. Apalagi dengan dukungan dari grup untuk mengedukasi masyarakat melalui media yang dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas.

Ada rencana mengeluarkan produk asuransi pendidikan baru?

Kami memang memiliki rencana untuk itu. Pada saat ini sedang dalam proses pematangan konsep. Kami berharap sudah bisa diluncurkan setelah Lebaran. Produk yang sedang dibuat cenderung berbeda dengan produk sejenis yang ada di market. MNC Life akan memfasilitasi para nasabahnya dengan lembaga-lembaga pendidikan melalui produk ini. Kalau saat ini orangtua hanya diberikan gambaran mengenai dana pendidikan, melalui produk MNC Life ini sekaligus mendapat informasi lebih lengkap mengenai keunggulan masing-masing sekolah atau universitas sekaligus estimasi kenaikan biaya per tahunnya. Hal ini akan membuat rencana keuangan pendidikan anak menjadi lebih komprehensif.

Lalu?

Sebagai perusahaan asuransi yang ingin fokus terhadap rencana pendidikan buah hati, kami menggunakan jargon ”MNC Life, Pasti Pintar”. Mengapa seperti itu, jargon ini memiliki banyak makna. Kami ingin mengedukasi masyarakat bahwa pendidikan buah hati sangat penting. Dengan memilih MNC Life, orangtua sudah pasti pintar karena menyadari sejak awal untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Anak yang sudah memiliki asuransi pendidikan MNC Life sudah pasti pintar karena biaya pendidikannya sudah aman hingga anak bisa memiliki banyak pilihan sekolah berkualitas sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Hermansah
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6119 seconds (0.1#10.140)