Dana Aspirasi Patut Dicurigai

Rabu, 17 Juni 2015 - 08:51 WIB
Dana Aspirasi Patut...
Dana Aspirasi Patut Dicurigai
A A A
JAKARTA - Usulan dana aspirasi sebesar Rp20 miliar untuk setiap anggota DPR dipertanyakan. Terlebih, hingga saat ini kinerja DPR belum memuaskan.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Ahmad Bakir Ihsan menilai dana aspirasi menjadi pertanyaan besar karena kinerja DPR selama ini jauh panggang dari api.

"Sehingga patut dicurigai efektivitas (penggunaan) dana tersebut," ujar Bakir kepada Sindonews, Selasa 16 Juni 2015.

Dia mengatakan, pada dasarnya setiap kegiatan DPR membutuhkan dana, termasuk dalam rangka menindaklanjuti aspirasi masyarakat yang telah memberikan mandat kepada mereka.

Namun, sambung dia, hal tersebut bergantung bagaimana efektivitas penggunaan dana tersebut dan besaran jumlah dana yang digunakan semestinya. Sementara, lanjut dia, selama ini belum ada evaluasi terkait efektivitas kegiatan DPR dalam menyerap aspirasi.

Terkait besaran dana aspirasi, kata Bakir, hal itu bergantung kinerja DPR. "Besaran dana berbanding lurus dengan kinerja. Kalau kinerjanya buruk untuk apa penambahan dana aspirasi, kalau perlu dikurangi," tutur Bakir

Menurut dia, harus ada indikator korelasi yang jelas antara kinerja dan kebutuhan serap aspirasi di lapangan. "Kalau tidak, dana aspirasi akan menjadi bancakan pundi-pundi anggota DPR yang sampai saat ini kinerjanya masih jauh dari harapan," katanya.

PILIHAN :


Dana Aspirasi Dinlai Permudah Kinerja Pemerintah


Fahri Nilai Dana Aspirasi Rp20 Miliar demi Bela Rakyat
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8756 seconds (0.1#10.140)