Jadi Calon Kepala BIN, DPR Minta Bang Yos Mundur dari PKPI

Selasa, 16 Juni 2015 - 12:00 WIB
Jadi Calon Kepala BIN, DPR Minta Bang Yos Mundur dari PKPI
Jadi Calon Kepala BIN, DPR Minta Bang Yos Mundur dari PKPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso menjadi calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Marciano Norman.

Komisi I DPR saat ini masih menentukan waktu yang tepat untuk menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) untuk pria yang biasa disapa Bang Yos ini. Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq mengatakan, penentuan Kepala BIN dari sebelumnya memang melalui fit and proper test di DPR.

"Pak Marciano (Kepala BIN) melalui fit and proper test, meski UU presiden mengajukan hanya satu calon," ujar Mahfudz di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Dia mennuturkan, Komisi I memiliki kriteria dan prinsip tersendiri dalam melakukan fit and proper test dengan merujuk pada UU yang salah satu asasnya dalam intelijen adalah asas netralitas.

Maka itu Mahfudz meminta agar Bang Yos sebagai calon KaBIN, meninggalkan jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

"Pak Sutiyoso, saat diajukan masih menjadi ketua Umum partai politik, saya secara informal bikang amanat UU untuk kelola BIN harus bekerja secara netral. Dan beliau sudah menyampaikan pengunduran dirinya dari PKPI, ini hal yang bagus," jelasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6385 seconds (0.1#10.140)