Calon Perseorangan Pilkada Hanya Ada di Bengkulu dan Kalsel

Senin, 15 Juni 2015 - 22:26 WIB
Calon Perseorangan Pilkada Hanya Ada di Bengkulu dan Kalsel
Calon Perseorangan Pilkada Hanya Ada di Bengkulu dan Kalsel
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menginformasikan, dari sembilan provinsi yang menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) 2015, hanya ada dua daerah yang menyertakan calon perseorangan di dalamnya. Dua daerah itu yakni Bengkulu dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Saya lihat cuma dua yang daftar dari perseorangan, Provinsi Bengkulu sama Kalsel,” ujar Komisioner KPU Ferrry Kurnia Rizkiansyah saat ditemui di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Senin (15/6/2015).

Adapun calon perseorangan di Kepulauan Riau (Kepri), menurut Ferry, tidak dapat melanjutkan proses, karena tidak dapat memenuhi syarat dukungan calon. “Yang Kepri itu daftar tapi jumlah dukungannya tidak sesuai dengan syarat, ya kita tolak,” jelasnya.

Menurut Ferry, kedua calon perseorangan di dua daerah itu telah menyerahkan syarat dukungannya ke KPU di tingkat provinsi dan dinyatakan cukup. “Itu baru dihitung KTP-nya saja tanpa dilihat KTP itu kedaluwarsa apa tidak, dan melihat sebarannya sudah 50% lebih dari jumlah kabupaten yang ada di sana,” kata Ferry.

Adapun untuk menelusuri kebenaran dari dukungan, KPU akan melakukan faktualisasi ke lapangan. “Dicek benar tidak orang itu dukung si calon perseorangannya. Kalau tidak benar tinggal coret,” pungkasnya.(ico)

PILIHAN :

KPU Bakal Sukses Gelar Pilkada Serentak

Tahapan Pilkada Serentak 2015 Resmi Dimulai

(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7330 seconds (0.1#10.140)