Di Hapus Atau Tidak?

Sabtu, 13 Juni 2015 - 10:16 WIB
Di Hapus Atau Tidak?
Di Hapus Atau Tidak?
A A A
BAGAIMANA sih pendapat mahasiswa terhadap isu penghapusan skripsi? Kontroversi itu wajar. Ada yang setuju dan tidak. Nah, mari kita cek pendapat mereka.

HILDA MEIRYANDAH
Skripsi itu penting, apalagi jika merujuk ke Tri Dharma, yang salah satunya ada poin penelitian. Skripsi juga sangat penting bagi mereka yang ingin melanjutkan studi lagi, terlebih ke luar negeri. Minat mahasiswa untuk meneliti itu juga harus dibangun. Skripsi juga bisa mengajarkan mahasiswa untuk selalu melakukan sesuatu berdasarkan fakta atau teori.

NAILUL DINA AFERA
Bagi mahasiswa S-1, skripsi adalah acara untuk belajar mencari dasar yang ilmiah dalam melakukan sesuatu. Lewat skripsi juga, mahasiswa belajar menemukan ide-ide penelitian dan bisa saja penelitian tersebut diterapkan di masyarakat luas. Pokoknya belum berasa mahasiswa kalau belum melewati tahap skripsi

ABDUL JABBAR
Saya merasa kecewa jika skripsi sampai dihapus. Itu karena mahasiswa tidak akan merasakan sensasi mengerjakan skripsi yang meski susah, tapi benar-benar upgrade skill kita dalam banyak hal. Skripsi melatih mahasiswa melakukan penelitian karena akan membuka cakrawala terkait jurnal internasional, penulisan ilmiah, hingga menganalisis masalah.

HUSNUL KHOTIMAH
Penghapusan skripsi kurang bagus karena mahasiswa akan meremehkan kuliah. Skripsi diperlukan untuk melatih mental di dunia kerja. Selain itu, skripsi itu adalah bentuk produktivitas mahasiswa terhadap karya ilmiah. Skripsi adalah pencerminan dari apa yang dipelajari selama ini. Kalau tidak ada, apa bukti karya mahasiswa tentang ilmu yang dia pelajari?

RIZKY ARYAN
Skripsi tidak harus dihapuskan dan juga tidak diwajibkan. Ada sebagian mahasiswa menolak skripsi karena menganggap skripsi akan memperlama kelulusan. Menurut saya, skripsi bisa diganti dalam bentuk tugas lain. Jika dikumpulkan, semua bentuk makalah, jurnal, draft, itu semua sudah berbentuk seperti skripsi sehingga mahasiswa yang menolak skripsi tetap pernah membuat karya tulis.

ADINDA RACHMAWATI
Penghapusan skripsi bisa mengurangi beban mahasiswa, pemikiran mereka tidak lagi terlalu terpaku pada teori, dan bisa membuat mahasiswa mencoba banyak hal baru. Namun, negatifnya, tanpa skripsi mahasiswa bisa jadi malas, tidak mempunyai target, tidak merasa tertantang.

Wilujeng Mugi Rahayu
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1424 seconds (0.1#10.140)