Kawanan Paus Terjebak di Laut Dangkal

Sabtu, 23 Mei 2015 - 11:34 WIB
Kawanan Paus Terjebak di Laut Dangkal
Kawanan Paus Terjebak di Laut Dangkal
A A A
DENPASAR - Empat ekor ikan paus nyaris terdampar di Pantai Padang Galak Denpasar, Bali, kemarin. Mamalia laut itu terjebak di laut dangkal setelah terpisah dari kelompoknya.

Paus jenis pemandu sirip pendek (short-finned pilot whale ) itu ditemukan di tepian pantai sekitar pukul 10.00 Wita oleh nelayan setempat. ”Empat ekor paus itu masih hidup dan berenang di tepian,” ujar Wayan Sujana, seorang nelayan. Peristiwa langka itu pun menjadi tontonan menarik para wisatawan dan warga setempat.

Apalagi, Pantai Padang Galak berlokasi persis di sebelah Pantai Sanur. Hingga sore hari kemarin tidak sedikit warga dari luar daerah jugaikutdatanguntukmelihatnya. Dari hasil identifikasi petugas, tiga paus di antaranya memiliki panjang rata-rata 2,5 meter dengan bobot 500 kg serta diameter masing-masing sekitar 40 cm. Sedangkan seekor lagi berukuran lebih kecil yakni sekitar 1,5 meter.

Karena kondisinya masih hidup, petugas dari Badan SAR, Balawista (Bala Penyelamat Wisata Tirta), tim Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, aktivis pencinta satwa, penyelam, dibantu warga, dan nelayan setempat berusaha menghalau paus-paus itu ke tengah laut dengan rubber boat. ”Upaya itu dilakukan agar pauspaus itu tidak terdampar ke bibir pantai,” kata Christo, aktivis pencinta satwa.

Kepala Bidang Pengawasan Laut Dinas Kelautan dan Perikanan Bali Made Sudarsana yang ikut turun ke lokasi meminta semua pihak memprioritaskan keselamatan ikan paus itu dengan penanganan yang baik. Apalagi, kejadian seperti ini sering terjadi di wilayah perairan Bali dan bahkan hampir menjadi fenomena tahunan.

Dia menduga empat paus yang masuk dalam genus Globicephala itu masuk ke pantai akibat terpisah dari kelompoknya sehingga kehilangan arah. Dugaan lain, paus-paus itu terdampar karena tersangkut jaring nelayan saat bergerak di laut lepas.

Miftahul chusna
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5025 seconds (0.1#10.140)