10 Tokoh Superhero Favorit

Kamis, 21 Mei 2015 - 17:58 WIB
10 Tokoh Superhero Favorit
10 Tokoh Superhero Favorit
A A A
Tokoh idola bisa berasal dari manapun. Mulai dari orang tua, tokoh masyarakat, tokoh politik, artis, bahkan tokoh superhero. Uniknya, mereka yang mengidolakan pahlawan super tak selalu anak-anak. Orang dewasa pun terinspirasi pada aksi para ‘penjaga kebenaran’ ini. Berikut daftar tokoh superhero yang diidolakan 400 responden jajak pendapat KORAN SINDO.

1. Superman
Pria super yang disebut Superman ini merupakan tokoh superhero paling populer versi jajak pendapat Litbang KORAN SINDO. Karakter berkostum biru merah serta berlambang ‘S’ di dadanya ini diciptakan oleh DC Comics, perusahaan komik asal Amerika Serikat. Berbeda dengan di Indonesia, di AS orang lebih mengenal Superman dengan istilah Man of Steel.

2. Spiderman
Spiderman sang manusia laba – laba karya Marvel juga menjadi salah satu superhero favorit. Komik Spiderman pertama kali keluar pada tahun 1962 dengan judul The Amazing Spiderman. Saking terkenalnya, Marvel memutuskan untuk membuat versi film dengan judul The Amazing Spiderman dengan pemeran utamanya Andrew Garfield pada tahun 2012. Cerita The Amazing Spider Man bermula ketika sang pemeran utama, Peter Parker tersengat laba-laba misterius. Dari sinilah ia memiliki kekuatan super.

3. Batman
Selain Superman, DC juga punya tokoh jagoan lainnya, yaitu Batman. Batman adalah salah satu tokoh DC yang diciptakan oleh Bob Kane pada tahun 1939. Batman bercerita mengenai Bruce Wayne yang menjadi saksi hidup atas pembunuhan kedua orangtuanya. Pada saat itulah ia berjanji akan menumpas kejahatan di tempat tinggalnya, Gotham City.

4. Gatot Kaca
Siapa bilang Indonesia tidak punya jagoan berkekuatan super? Si otot kawat tulang besi alias Gatot Kaca menjadi salah satu jagoan asal Indonesia yang juga memiliki banyak penggemar. Jagoan ini tidak lahir dari cerita komik melainkan dari tokoh perwayangan. Gatot Kaca diceritakan memiliki kekuatan super seperti dapat terbang dan memiliki kekuatan yang sangat kuat.

5. Iron Man
Tony Stark adalah nama asli dari Iron Man. Tony Stark merupakan seorang ilmuan kaya raya yang memiliki perusahaan bernama Stark Industries. Perusahaan milik Tony Stark ini banyak bergerak di bidang militer dan pertahanan. Melalui kecerdasaan dan teknologi yang super canggih ia menciptakan baju tempur layaknya robot yang diberi nama Iron Man. Namun tidak hanya teknologi canggih karya stark yang membuat Iron Man menjadi manusia super, melainkan juga Arc Reactor yang terdapat di dada Iron Man. Arc reactor inilah yang menjadi sumber tenaga Iron Man.

6. Wonder Women
Tokoh Wonder Women menepis anggapan bahwa wanita adalah makhluk yang lemah. Justru si Wonder Women sebagai wanita super yang melindungi umat manusia dari kekuatan jahat. Wonder Women adalah sebuah karya DC yang di ciptakan pada tahun 1941. Wonder Women mempunyai sebuah gelang super yang dapat membuatnya menjadi kuat.

7. Gundala
Komik Gundala Putera Petir dibuat oleh Kentjana Agung pada tahun 1969 dimana pada saat itu komik superhero sedang mewabah. Komik ini bercerita tentang seorang ilmuwan ambisius yang sedang mengerjakan sebuah proyek serum anti petir. Tenggelam dalam ambisinya, sang ilmuan yang bernama Sancaka melupakan ulang tahun kekasihnya bernama Minarti. Hal ini membuat hubungan mereka retak dan pertengkaran pun terjadi. Menyesali perbuatannya, ia bersimpuh di bawah derasnya hujan. Tak disangka ia tersambar oleh petir dan sebuah kekuatan menariknya ke dimensi yang berbeda. Saat sadar ia ternyata berada di sebuah kerajaan petir. Dan pada saat itulah ia di angkat menjadi putera oleh raja petir dan memiliki kekuatan super.

8. Hulk
Si Hijau Besar yang bernama Hulk ini adalah salah satu tokoh ciptaan Marvel yang cukup populer. Terlebih dengan bergabungnya Hulk dengan jagoan ciptaan Marvel lainya dalam serial Avenger. Dalam versi komik, Hulk telah di ciptakan sejak tahun 1962. Dr. Bruce Banner adalah tokoh asli Hulk sebelum berubah menjadi monster hijau besar. Dr Bruce Banner bisa menjadi Hulk karena ia terkena reaksi sinar gamma yang membuatnya hijau besar dan memiliki kekuatan bak monster.

9. Robin Hood
Si pencuri berhati mulia, dialah Robin Hood. Robin Hood adalah salah satu legenda asal Inggris. Saat Raja Richard pergi bertempur di Perang Salib, rakyatnya menderita di bawah tekanan Pangeran John yang kejam. Pangeran John sibuk dengan hidupnya yang mewah namun rakyatnya menderita kemiskinan dan kelaparan. Robin Hood tidak bisa tinggal diam melihat kejadian ini. Robin Hood dan kawan-kawannya yang tinggal di Hutan Sherwood harus keluar dari desa merampok orang kaya yang hasilnya diberikan kepada orang-orang miskin.

10. Cat Women
Superhero wanita mirip kucing ini bernama Cat Women. Tanpa kostum ketat berwarna hitam dan topeng kucingnya, wanita ini merupakan perempuan biasanya bernama Selina Kyle. Cat Women digambarkan sebagai salah satu musuh Batman paling berbahaya. Namun sang pencipta pun merubah sosok Cat Women menjadi Superhero yang membantu Batman menumpas kejahatan.

DARI GODAM MANUSIA BESI HINGGA JIN KURTUBI

Di luar nama-nama terkenal dunia superhero mancanegara, dunia hero di Indonesia juga dihiasi banyak tokoh hebat dan inspiratif.

Godam Manusia Besi
Godam adalah tokoh komik ciptaan Wid NS. Muncul pertama kali dalam judul Memburu Doktor Setan pada tahun 1969. Godam berasal dari dimensi lain yang terdapat negeri yang bernama Godam. Dikarenakan perlawanannya terhadap kekejaman Ratu Candalani, Godam yang masih bayi putra bangsawan negeri Godam menjadi buronan sebagaimana kedua orang tuanya yang dianggap memberontak terhadap kekuasaan Candalani.

Aquanus
Aquanus adalah tokoh komik ciptaan Wid NS. Muncul pertama kali dalam judul Aquanus di Planet Vibhy pada tahun 1968. Ketika terjadi penyerangan bangsa Burbur ke planet Zyba, putra angkat raja Sving yang masih bayi dilarikan dengan sebuah roket ke luar angkasa. Roket tersebut jatuh ke lautan di planet bumi. Keluarga pemburu paus memelihara anak yang bernama Dhanus itu. Nama Aquanus berasal dari Aqua yang berarti air, dan Nus dari Dhanus.

Pangeran Mlaar
Pangeran Mlaar adalah tokoh komik ciptaan Hasmi. Mlaar adalah Putra Mahkota suatu kerajaan di planet Covox. Setelah terbunuhnya ayah Mlaar oleh komplotan Menteri Telern dan Putri Kepala Perak, Mlaar dilarikan oleh pamannya seorang ilmuwan jenius. Berkat suatu rekayasa oleh pamannya, Mlaar mempunyai kemampuan elastisitas yang bisa membuatnya mulur dalam batas tertentu.

Caroq
Caroq adalah seorang karakter superhero Indonesia karya Ahmad Thoriq. Caroq diciptakan pada tahun 1992. Nama aslinya adalah Ongko yang berprofesi sebagai sopir taksi. Ia memiliki kekuatan magis untuk mengubah dirinya menjadi seorang superhero. Caroq memiliki 2 bilah celurit sakti yang panjang. Musuh bebuyutannya adalah Si Tangan Empat dan Si Bengis

Zantoro
Zantoro berasal dari keluarga yang kurang harmonis, adiknya yang bernama Mantoro tinggal bersama sang ibu, sedangkan Zantoro tinggal bersama sang ayah. Sang ayah merupakan seorang pedagang dan ahli dalam pembuatan senjata tajam. Zantoro juga mewarisi kemampuan sang ayah dalam membuat senjata tajam dan juga ahli dalam memainkannya. Zantoro amat benci dengan kejahatan, ia akan merasa sangat geram jika melihat tindak kejahatan di depannya, dan tak sedikit penjahat kelas teri dan kelas kakap yang berhasil diringkus oleh Zantoro.

Jin Kartubi
Jin Kartubi adalah tokoh komik ciptaan Hasmi pada tahun 1968. Kartubi adalah jin raksasa hamba Maza. Apabila Maza memerlukannya, ia tinggal menggosok pisau belatinya. Kartubi akan segera muncul dengan tertawa terbahak-bahak.

Meski akhir-akhir ini dunia superhero Indonesia sangat miskin tokoh-tokoh baru, beberapa tokoh superhero ternyata pernah difilmkan melalui versi Indonesia.

Garuda Superhero
Rama, Superman Indonesia
Darna Ajaib (Adaptasi komik Serial Darna karya Sofyan Sarna )
Saras 008
Madame X
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3820 seconds (0.1#10.140)