Latar Belakang Pansel Capim KPK

Kamis, 21 Mei 2015 - 17:30 WIB
Latar Belakang Pansel Capim KPK
Latar Belakang Pansel Capim KPK
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk sembilan perempuan menjadi panitia seleksi calon pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK). Nama-nama itu pun telah diumumkan Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pagi tadi.

Mereka yang terpilih sebagai Pansel Capim KPK adalah Destry Damayanti selaku Ketua merangkap anggota, Enny Nurbaningsih selaku Wakil Ketua merangkap anggota, Harkristuti Harkrisnowo selaku anggota.

Kemudian, Betti S Alisjabana, Yenti Garnasih, Supra Wimbarti, Natalia Subagyo, Diani Sadiawati dan Meuthia Ganie Rochman yang masing-masing sebagai anggota.

Sembilan srikandi pilihan Jokowi itu menuai kritik. Pasalnya setengah anggota pansel tak memiliki latar belakang ilmu hukum.

Lalu apa latar belakang mereka? Berikut latar belakang dan bidang keilmuan mereka:

1. Destry Damayanti, M.Sc, sebagai Ketua merangkap anggota Pansel Capim KPK, memiliki bidang keilmuan ekonomi. Destry merupakan ahli ekonomi dan keuangan sekaligus Chief Economist Bank Mandiri.

2. Dr Enny Nurbaningsih, SH, merupakan Wakil Ketua merangkap sebagai anggota, memiliki bidang keilmuan hukum. Enny merupakan Ketua Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) serta Dosen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM).

3. Prof Dr Harkristuti Harkrisnowo, SH, LLM, menjabat sebagai anggota pansel. Dia memiliki bidang keilmuan hukum. Harkristuti merupakan Ketua Badan Pengembangan Sumber Daya manusia (SDM) pada Kemenkumham. Mantan Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) pada Kemenkumham ini juga sebagai Dosen Hukum Pidana dan HAM Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

4. Ir Betti S Alisjabana, MBA. Anggota pansel ini memiliki bidang keilmuan IT dan manajemen. Mantan General Manager IBM Asean dan Asia Selatan ini juga merupakan Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Institut Teknologi Bandung (ITB).

5. Dr Yenti Garnasih, SH, MH, merupakan salah satu anggota pansel yang memiliki bidang keilmuan hukum. Ahli hukum pidana ekonomi dan pencucian uang ini juga merupakan Dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti.

6. Supra Wimbarti, M.Sc, Ph.D, adalah anggota pansel yang memiliki bidang keilmuan Psikologi. Dia ahli psikologi SDM dan pendidikan. Supra juga merupakan Dekan Fakultas Psikologi UGM.

7. Natalia Subagyo, M.Sc, adalah anggota pansel yang memiliki bidang keilmuan pemerintahan. Selain dikenal sebagai ahli tata kelola pemerintahan, dia juga menjabat Sekretaris Tim Independen Reformasi Birokrasi pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

8. Dr Diani Sadiawati, SH, LLM, adalah salah satu anggota pansel yang memiliki bidang keilmuan hukum. Dia juga menjabat sebagai Direktur Analisa Peraturan Perundang-undangan pada Bappenas.

9. Meuthia Ganie-Rochman, Ph.D, anggota pansel yang memiliki bidang keilmuan sosiologi. Dosen FISIP Universitas Indonesia ini juga dikenal sebagai ahli sosiologi korupsi dan modal sosial.(ico)
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2891 seconds (0.1#10.140)