Pansel KPK Harus Gerilya Bidik Calon Pemimpin KPK

Kamis, 21 Mei 2015 - 14:35 WIB
Pansel KPK Harus Gerilya Bidik Calon Pemimpin KPK
Pansel KPK Harus Gerilya Bidik Calon Pemimpin KPK
A A A
JAKARTA - Panitia seleksi (Pansel) Calon pemimpin (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus bekerja keras mencari sosok yang pantas mengisi jabatan penting di lembaga antikorupsi itu.

Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (Maki) Boyamin Saiman menyarankan, Pansel KPK harus aktif mencari tokoh untuk diseleksi. Dia dengan tegas meminta Pansel KPK supaya tidak hanya duduk di balik meja kerja yang empuk.

"Untuk seleksi KPK selain menerima pendaftaran juga dapat dilakukan lobi kepada tokoh antikorupsi yang layak untuk ikut seleksi. Jadi Pansel tidak hanya duduk manis di belakang meja," kata Boyamin kepada Sindonews, Kamis (21/5/2015).

Boyamin mengatakan, Pansel KPK pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tepat, lantaran tidak ada unsur partai politik (parpol). Dia meminta Pansel KPK independen dalam seleksi, supaya melahirkan Komisioner KPK yang bersih.

"Sudah cukup bagus karena independen dan bukan politisi. Masukan pertahankan kredibilitas dengan hasilkan pimpinan KPK yang ekselen," tegasnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi sudah memilih sembilan orang sebagai Pansel Capim KPK. Sembilan itu semuanya perempuan dengan kemampuan yang berbeda-beda. Pansel diminta segera bekerja melakukan seleksi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7040 seconds (0.1#10.140)