Hubungan PDIP-Demokrat Membaik, Koalisi Indonesia Hebat Diuntungkan

Senin, 18 Mei 2015 - 11:31 WIB
Hubungan PDIP-Demokrat Membaik, Koalisi Indonesia Hebat Diuntungkan
Hubungan PDIP-Demokrat Membaik, Koalisi Indonesia Hebat Diuntungkan
A A A
JAKARTA - Membaiknya hubungan antara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Demokrat dinilai menguntungkan bagi pemerintah dan partai pendukungnya di Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

Sebab, meskipun Partai Demokrat tetap menegaskan sebagai penyeimbang, dari sisi komunikasi politik sangat menguntungkan bagi KIH, khususnya PDIP. ”Kehadiran PDIP dan partai- partai KIH di Kongres Demokrat bisa menjadi ajang konsolidasi agar posisi tawar KIH diparlemen menguat,” kata pengamat politik dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) J Kristiadi akhir pekan kemarin.

Adapun untuk Demokrat, kata Kristiadi, mereka bisa mendapatkan keuntungan di pilkada dan lebih dekat dengan pemerintahan. Terlebih kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) yangmerupakankader PDIP juga setidaknya bisa menjadi pintu masuk untuk perbaikan hubungan politik antara PDIP dan Demokrat.

Sementara untuk partai lain di KIH, kata dia, bagi Demokrat relatif tidak ada permasalahan karena memang sejauh ini juga tidak pernah terjadi kebekuan politik seperti halnya dengan PDIP. ”Hadirnya KIH di Kongres Demokrat adalah salah satu spekulasi politik menjelang pilkada. SBY memang sudah lama ingin punya hubungan yang wajar dengan Megawati (Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri),” ungkapnya.

Seperti diketahui, dalam pembukaan Kongres IV Partai Demokrat, Megawati yang tidak bisa menghadiri undangan secara khusus menugaskan Wakil Sekjen DPP PDIP Eriko Sotarduga serta Ketua DPD PDIP Jawa Timur Kusnadi. Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, secara politik sebenarnya hubungan PDIP dan Demokrat tetap baik.

Namun acara di Kongres Demokrat memang lebih memperkuat secara simbolis, terlebih selain dari PDIP, partai dari KIH juga hadir semuanya. ”Hubungan PDIP dan Demokrat sudah berjalan baik. Bahkan kerja sama politik telah berjalan baik di DPR dan MPR,” katanya.

Hasto juga mengungkapkan, dengan adanya utusan khusus dari Megawati dan untuk pertama kalinya perwakilan PDIP hadir dalam pembukaan Kongres Demokrat, hal itu menjadi modal penting dalam konsolidasi politik pemerintahan ke depan.

Rahmat sahid
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5032 seconds (0.1#10.140)