DPR Bantu Pengungsi Sinabung

Minggu, 17 Mei 2015 - 11:03 WIB
DPR Bantu Pengungsi Sinabung
DPR Bantu Pengungsi Sinabung
A A A
KARO - Kondisi pengungsi korban bencana erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mendapatkan perhatian dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Lembaga legislatif itu kemarin menyerahkan bantuan untuk keperluan air bersih, pembangunan musala, dan keperluan lain. Bantuan untuk masyarakat pengungsi di Desa Gurukenayan, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo itu diserahkan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang diwakili tenaga ahlinya Guntur F Prisanto. Turut hadir dalam acara itu antara lain Bupati Karo Terkelin Brahmana dan tokoh masyarakat Susanto Ginting.

Bantuan senilai Rp74.300.000 tersebut akan dimanfaatkan untuk pengadaan sumur bor air bersih. Bantuan ini merupakansebagiandari keseluruhan dana bantuan sekitar Rp607.000.000 yang dikumpulkanseluruhanggotaDPRdengan mekanisme pemotongan gaji.

”Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan serta dukungan yang diberikan DPR. Pengadaan sumur bor untuk keperluan air bersih semoga bisa diselesaikan dalam waktu dua minggu,” kata Bupati Terkelin Brahmana kemarin. Apresiasi serupa juga disampaikan Susanto Ginting yang menilai bantuan DPR sangat berarti bagi masyarakat.

Sebagai komitmen membantu masyarakat pengungsi, tim anggota DPR dalam sebulan terakhir telah tiga kali mengunjungi Medan dan Sinabung untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Kunjungan DPR bersama perwakilan dari Keluarga Besar Karo alumni Institut Teknologi Bandung (KBK-ITB) itu sekaligus untuk mendorong pemerintah pusat agar menuntaskan persoalan pengungsi Sinabung.

DPR menegaskan, pengungsi harus difasilitasi agar kehidupan yang dijalani sebelum terjadinya bencana dapat kembali kepada mereka. Relokasi juga mesti disertai sarana mencari nafkah sebagaimana mereka miliki sebelumnya.

Yan yusuf
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8653 seconds (0.1#10.140)