Keluarga Cendana Sudah Enggak Ngaruh untuk Konflik Golkar

Jum'at, 24 April 2015 - 14:31 WIB
Keluarga Cendana Sudah Enggak Ngaruh untuk Konflik Golkar
Keluarga Cendana Sudah Enggak Ngaruh untuk Konflik Golkar
A A A
JAKARTA - Konflik Partai Golkar belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Bahkan perseteruan antara Aburizal Bakrie (Ical) dkk dengan Agung Laksono Cs kian mencuri perhatian dengan munculnya Keluarga Cendana.

Adalah putra bungsu mantan Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) yang secara terbuka Melalui akun Twitternya sering mengkritisi konflik di tubuh partai yang didirikan oleh ayahnya itu.

Bahkan, kubu Munas Bali yang dipimpin Ical memenuhi undangan Siti Hediati Heriyadi atau Titiek Soeharto dan Tommy Soeharto dalam jamuan makan siang. Dalam pertemuan itu, Tommy memberikan saran kepada Ical mengenai konflik Golkar.

Lantas, masih besarkah pengaruh Keluarga Cendana di Partai Golkar?

Pengamat politik Forum Masyarkat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengatakan, pengaruh Keluarga Cendana di tubuh partai berlambang pohon beringin sudah tidak sebesar seperti dahulu.

Sisa-sisa pengaruh itu, kata Lucius, hanya sebatas di jajaran elite partai yang kini tengah berkonflik. "Saya sendiri melihat pengaruhnya sudah tidak terlalu besar dan mengakar," kata Lucius kepada Sindonews, Jumat (24/4/2015).

"Tapi memang harus diakui bahwa di tingkat elite Partai Golkar saat ini adalah warisan Orde Baru. Memang masih kental antara Cendana dengan elite yang berkonflik saat ini," imbuhnya.

Menurut Lucius, pengaruh Keluarga Cendana kini tidak bisa merasuk hingga ke akar rumput, lantaran banyak kader baru yang bermunculan di Partai Golkar.

Kader baru tersebut lanjut dia, tidak memiliki hubungan emosional secara langsung dengan Orde Baru secara umum dan Soeharto secara khusus.

"Karena begitu banyak kader baru di Partai Golkar yang tidak punya hubungan emosional yang melekat dengan Orde Baru. Pengaruh Cendana hanya sebatas elite. Karena mereka (kader baru) tidak pernah secara langsung punya pengalaman dihidupi oleh Orba," pungkasnya.

Baca: Pesan Tommy Soeharto ke Yorrys: Anda Arogan Saya Makan

Baca: Soal Yorrys, Titiek Bilang Tommy Soeharto Sudah Geregetan

Baca: Tommy Soeharto: Jangan Jadi Semak Kalau Tak Mau Dibabat


(Baca: Ditegur Keras Tommy Soeharto, Ini Jawaban Yorrys Raweyai)
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3073 seconds (0.1#10.140)