Laporkan Pecandu Narkoba Wujud Peduli Lingkungan

Selasa, 18 November 2014 - 21:24 WIB
Laporkan Pecandu Narkoba Wujud Peduli Lingkungan
Laporkan Pecandu Narkoba Wujud Peduli Lingkungan
A A A
JAKARTA - Penyalahgunaan narkoba yang terjadi di usia anak-anak dan remaja banyak disebabkan oleh kurangnya perhatian orangtua dan juga adanya pengaruh lingkungan luar yang dominan.

Untuk itulah pentingnya komunikasi dan kedekatan psikologis antara orangtua dan anak, sehingga anak-anak merasa terlindungi dan tidak mencari figur pelindung dari luar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasi Media Dunia Maya, Radio dan TV BNN, M. Affan Eko Budi S dalam diskusi dengan Masyarakat Rusun BCI di Cengkareng Timur, Selasa (18/11/2014).

Menurut dia, orangtua masa kini wajib memiliki pengetahuan dan selalu meng-update perkembangan informasi saat ini terutama tentang masalah narkoba serta bahayanya, karena sebagai orangtua kita memiliki peran penting dalam mengkontrol perkembangan kondisi anak-anak.

"Kita harus selalu waspada jangan sampai lengah karena diluar sana bandar narkoba selalu siap menerkam mereka untuk dijadikan budak narkoba," jelas Affan.

Dia menambahkan, saat ini BNN sedang menggalakkan program wajib lapor bagu pecandu dan keluarga pengguna narkoba.

Karena itu, apabila menemukan tetangga atau kerabat yang menjadi pengguna narkoba agar segera dilaporkan ke BNN atau Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) yaitu Rumah Sakit yang ditunjuk oleh Kemenkes seperti di Jakarta Barat RSUD Cengkareng, RSUD Koja maupun Puskesmas-puskesmas pusat.

"Pada saat melapor nanti akan dilakukan pemeriksaan atau assesment terlebih dahulu kepada pecandu untuk mengetahui sejauhmana ketergantungannya pada narkoba, lalu mereka akan ditentukan apakah perlu direhabiltasi atau rawat jalan dengan diberi obat," tambah Affan.

Affan menegaskan, bahwa BNN akan menjamin perlindungan kepada siapapun yang melaporkan pengguna narkoba.

"Marilah kita jaga keluarga dan lingkungan sekitar dari penyalahgunaan narkoba, jangan menutupi pengguna narkoba karena sebagai aib keluarga namun segeralah melaporkannya ke BNN atau IPWL, sebagai bentuk kepedulian kita dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba," tutupnya
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3733 seconds (0.1#10.140)