Golkar Dinilai Sudah Melupakan Jaringannya

Jum'at, 17 Oktober 2014 - 11:04 WIB
Golkar Dinilai Sudah Melupakan Jaringannya
Golkar Dinilai Sudah Melupakan Jaringannya
A A A
JAKARTA - Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Sarwono Kusumaatmadja mengatakan, Golkar dinilai sudah melupakan jaringan yang sudah dirawat.

Lebih lanjut dia mengatakan, partai berlambang pohon beringin itu sudah mempunyai jaringan sosiologis yang hidup dan nyata. Jaringan itu, kata dia, dibangun sejak tahun 1950-an.

Dirinya menambahkan, Partai Golkar telah lahir atas kerja sama antara sipil dan militer seperti Kosgoro, Soksi dan MKGR, sehingga memiliki banyak jaringan.

Dia juga menuturkan, Partai Golkar memiliki dua ciri yakni secara sosiologis, dan partai. Namun, lanjut dia, saat ini Golkar telah melupakan dan tidak merawat jaringan tersebut.

"Sudah lihat kan orang-orang Golkar aktif di tempat lain, ini karena dibiarkan jaringannya tidak dipelihara. Karena mereka lebih konsen membesarkan partai dan melupakan jaringan," katanya kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (17/10/2014).

Sarwono pun mengingatkan kepada kader Partai Golkar agar menjaga jaringan, karena itu adalah modal dasar yang harus dikembangkan.

"Saat Bung Akbar jadi ketua umum, jaringanlah yang dibesarkan beliau. Jadi sekarang, politik logistik harus dicari solusinya, dan kedua jaringan harus diperkuat, kita meski buat diri sebagai pembeda yang efektif dari yang lain," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2325 seconds (0.1#10.140)