Menag Imbau Umat Islam Indonesia Tak Terpengaruh ISIS

Jum'at, 01 Agustus 2014 - 15:39 WIB
Menag Imbau Umat Islam Indonesia Tak Terpengaruh ISIS
Menag Imbau Umat Islam Indonesia Tak Terpengaruh ISIS
A A A
JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengimbau umat Islam Indonesia agar tidak terpengaruh dan ikut-ikutan kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Menurut Lukman, ISIS itu suatu organisasi pergerakan yang berpaham radikal, yang menggunakan kekerasan demi memperjuangkan apa yang diyakininya.

"Mereka (ISIS) ingin perjuangkan negara Islam di Irak dan Suriah. Umat Islam Indonesia tak perlu terpengaruh dan ikut-ikutan," ujar Lukman dalam keterangan resminya, Jumat (1/8/2014).

Menurut dia, ideologi ISIS bertentangan dengan Pancasila. Ditambahkannya, mengatakan Pancasila sebagai thogut (berhala) yang harus diperangi itu sudah amat kelewat batas.

Lebih lanjut, kata dia, mengangkat sumpah dan berjanji setia kepada negara asing atau bagian dari negara asing itu bisa menyebabkan kehilangan kewarganegaraan RI.

"Kita harus dukung aparat penegak hukum untuk bekerja profesional dalam menanganinya. Khusus kepada umat Islam Indonesia, agar benar-benar mawas diri," tuturnya.

Dia menuturkan, dakwah Islam itu mengajak dan merangkul semua kalangan dengan cara-cara yang baik dan penuh hikmah, bukan dengan menebar ketakutan dan kekerasan.

"Saya berharap dalam memanfaatkan momentum Idul Fitri ini, setiap ormas Islam dengan bimbingan dan arahan ulamanya masing-masing mampu lebih mengintensifkan ajaran Islam yang rahmatan lil alamin, yang menebarkan kemaslahatan bagi sesama dalam bingkai keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia."

"Di era globalisasi ini, kita harus mampu memperkuat diri sendiri guna menangkal anasir yang bisa mengusik keutuhan kita sebagai sesama umat beragama, berbangsa, dan bernegara," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5321 seconds (0.1#10.140)