HT: Indonesia butuh lompatan besar

Rabu, 26 Februari 2014 - 16:12 WIB
HT: Indonesia butuh lompatan besar
HT: Indonesia butuh lompatan besar
A A A
Sindonews.com - Calon Wakil Presiden dari Partai Hanura Hary Tanoesoedibjo (HT) menilai Indonesia masih jauh dari sebutan negara maju. Salah satu faktanya ialah jumlah pendapatan penduduk per bulan.

"Negara maju itu minimal rata-rata pendapatan penduduknya Rp12 juta per bulan," ujar HT usai berdialog dengan tokoh masyarakat di Hotel Grand Serela, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/2/2014).

Sementara kondisi saat ini, kata HT, rata-rata pendapatan penduduk Indonesia Rp3,4 juta per bulan. Angka itu masih di bawah rata-rata pendapatan penduduk di negara berkembang. "Negara berkembang itu ada pada angka Rp4 juta per bulan. Sementara kita masih Rp3,4 juta. Artinya kita masih ketinggalan jauh di bawa rata-rata," ungkapnya.

Untuk menuju negara maju, kata dia, perlu perjuangan keras. Lompatan pun harus tiga hingga empat kali lebih tinggi dari yang dilakukan pemerintah saat ini. "Butuh perjuangan besar agar Indonesia menjadi negara maju," tegas HT.

Jika berbagai lompatan besar dilakukan pemerintah, untuk jadi negara maju tetap butuh waktu lama. " (Butuh waktu) 10-15 tahun. Tapi itu juga pemerintahnya harus betul-betul produktif, efektif, dan tangguh," tuturnya.

Berbagai hal yang harus dilakukan untuk menjadi negara maju di antaranya benar-benar mengembangkan sektor pertanian, kelautan, dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4133 seconds (0.1#10.140)