Sosial & Budaya

Kurikulum pendidikan tinggi direvisi jadi humanis

Rabu,  10 April 2013  −  21:19 WIB
Kurikulum pendidikan tinggi direvisi jadi humanis
M Nuh, (Foto: Sindo Radio).

Sindonews.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengubah kurikulum pendidikan tinggi. Di mana Substansi kurikulum akan dibuat lebih humanis.

Mendikbud M Nuh mengatakan, kurikulum pendidikan tinggi akan dibuat lebih humanis dengan penguatan pada Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU). Mendikbud menilai, mahasiswa saat ini hanya terpaku mengejar pengetahuan.

"Sementara perkembangan zaman menuntut mahasiswa menguasai tiga hal yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap," katanya dalam siaran pers yang diterima KORAN SINDO, Rabu (10/4/2013).

Oleh karena itu, ujarnya, MKDU tidak lagi akan menjadi mata kuliah pilihan namun menjadi mata kuliah wajib. Menurutnya, titik perubahan di kurikulum humanistis ialah pada unsur sikap yang akan ditonjolkan dalam kurikulum 2013 ini.

"Bagaimana mengembangkan teknik berkomunikasi, itu yang akan kita dorong," ucap mantan Rektor Institut Teknologi Surabaya (ITS)

Mendikbud menyataakan, revisi kurikulum ini tidak akan berdampak pada bertambahnya beban jumlah Sistem Kredit Semester (SKS) di perkuliahan. Jika kurikulum di jenjang SD/SMP/SMA akan berlaku Juli nanti, maka Mendikbud belum dapat memastikan kapan kurikulum baru di pendidikan tinggi ini akan berlaku.


(maf)

views: 1.016x

 

shadow