Hankam

Poso kamp latihan teroris terbesar di Indonesia

Senin,  24 Desember 2012  −  12:11 WIB
Poso kamp latihan teroris terbesar di Indonesia
Ilustrasi (istimewa)

Sindonews.com - Teroris dinilai cenderung memilih lokasi yang berbukit, hutan, dan jarang dijamak penduduk untuk dijadikan kamp bagi anggota teroris. Maka itu, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) dinilai laik dan cocok untuk melakukan pelatihan.

Hal itu disampaikan Pengamat Intelijen, Wawan Purwanto. Bahkan menurutnya, Poso kini telah menjadi tempat kamp latihan teroris terbesar di Indonesia.

"Sebetulnya memang di sana dipindahkan dan disentralkan, sehingga kalau terbesar di berbagai daerah yang saat ini Poso. Dahulu memang banyak seperti Aceh, tapi sekarang tersentral di Poso, lokasi hutan, gunung dan berbukit tidak berbeda dengan Filipina dan negara yang menjadi tempat pelatihan teroris," jelas Wawan saat dihubungi Sindonews, Senin (24/12/2012).

Dia menambahkan, dengan lokasi tersebut maka dengan mudah para penggiat aksi teror dapat menyelundupkan dan menyembunyikan persenjataan yang akan digunakan untuk melakukan teror.

"Lokasi di sana dengan situasi itu menjadi tempat penyelundupan dan sangat terbuka bagi mereka, serta menjadi tempat penyimpanan persenjataan yang lebih luas," tandasnya.

Oleh karenanya, dengan situasi ini maka sangat sulit bagi anggota kepolisian untuk mengawasi secara keseluruhan karena lokasi yang sulit terjangkau dan sangat terbuka terjadinya aksi saling serang antara kelompok teroris dengan polisi yang berpatroli.

"Sulit pengintaian, ini menjadi titik temu polisi dengan mereka, karena mereka merasa terancam ketika polisi patroli. Jadi lantas polisi di sana saling serang, ini memang sudah penutupan ketika untuk mempertahankan," pungkasnya.


(rsa)

views: 1.478x

 

shadow