PNG Berharap Masalah Papua Diselesaikan dengan Damai dan Bijak

Senin, 16 September 2019 - 13:41 WIB
PNG Berharap Masalah Papua Diselesaikan dengan Damai dan Bijak
PNG Berharap Masalah Papua Diselesaikan dengan Damai dan Bijak
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Papua Nugini (PNG) Soroi Marrepo menegaskan, pemerintahannya sangat mendukung Papua dan Papua Barat bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal ini disampaikan Soroi Marrepo saat menerima delegasi Komisi I DPR yang dipimpin Satya Widya Yudha di Port Moresbby. PNG juga berharap, eskalasi politik yang terjadi di Papua tidak membesar dan dapat diselesaikan secara damai dan bijaksana.

"Menteri Luar Negeri Papua Nugini secara langsung menegaskan sikapnya, bahwa pemerintahannya selalu mendukung Papua dan Papua Barat adalah bagian dari NKRI. Itu clear, disampaikan langsung kepada kami delegasi DPR RI," kata Wakil Ketua Komisi I DPR, Satya Widya Yudha, Senin (16/9/2019).

Anggota DPR dari Fraksi Golkar ini mengungkapkan, dalam pertemuan di Kementerian Luar Negeri PNG, Port Moresbby, didampingi oleh dua anggota Komisi I DPR, Evita Nursanyanti dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) serta Sukamta dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Hadir pula Duta Besar RI untuk Papua Nugini Andriana Supandi. "Bahwa demo masyarakat PND mendukung referendum Papua dan Papua Barat adalah bukan sikap pemerintah," kata Satya mengutip Menlu Soroi.

Dalam kesempatan tersebut, selain membicarakan isu gejolak Papua, delegasi Komisi I DPR juga menyinggung peningkatan kerja sama bilateral pemerintahan dan parlemen antara kedua negara.

"Hubungan baik yang sudah terjalin selama ini dibidang ekonomi dan budaya harus terus ditingkatkan, termasuk hubungan parlemen kedua negara. Salah satunya, perlu diwujudkan adanya penerbangan langsung dari Indonesia ke PNG," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7185 seconds (0.1#10.140)