Menko PMK Pantau Efektivitas Penanganan Korban Gempa Aceh

Rabu, 14 Desember 2016 - 22:25 WIB
Menko PMK Pantau Efektivitas Penanganan Korban Gempa Aceh
Menko PMK Pantau Efektivitas Penanganan Korban Gempa Aceh
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memimpin rapat koordinasi tingkat menteri membahas penanganan bencana gempa di Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, dan Bireuen, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Rabu (14/12/2016) malam.

Hadir pada rapat koordinasi (rakor) yang digelar di NAD itu, antara lain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljana, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Willem Rampangilie dan perwakilan kementerian dan lembaga lainnya.

Dalam rapat itu, Menko PMK mengoordinasikan penanganan tanggap darurat yang dilaksanakan kementerian/lembaga teknis, terutama untuk beberapa masalah penting.

Pertama menyangkut pengungsian yang meliputi pendataan para pengungsi, kebutuhan dan distribusi bantuan, tempat tinggal sementara.

Kedua, bantuan pengungsi dan masyarakat yang meliputi pendataan jenis dan jumlah kebutuhan. Ketiga, penanganan kesehatan menyangkut pos dan tim pelayanan kesehatan.

Keempat, pemulihan fungsi pendidikan. Kelima, pemulihan infrastruktur dasar meliputi kebutuhan air, listrik, tempat tinggal. Keenam, pemulihan fasilitas umum termasuk rumah sakit dan sekolah.

Puan ingin memastikan penanganan para pengungsi, termasuk meratanya distribusi bantuan dan penanganan medis dan psikis pengungsi berjalan efektif.

“Kami juga akan berusaha terus menjaga agar anak-anak tetap dapat bersekolah dan kegiatan belajar mengajar tidak berhenti meski harus berada di tenda-tenda darurat, apalagi saat masa semesteran begini,” ungkap Puan.

Puan juga meminta kementerian terkait segera membangun sekolah darurat bagi para pengungsi. “Saya juga minta agar segera dibangun sekolah darurat sejalan dengan perbaikan infrastruktur yang lain,” tuturnya.

Sebelum memimpin rakor tersebut, Menko PMK dan rombongan menuju RS Zainoel Abidin di Kota Banda Aceh menjenguk para korban bencana gempa di Kab Pidie Jaya.

Kehadiran Menko PMK yang didampingi oleh Mendikbud Muhadjir Effendy, Plt Gubernur NAD Soedarmo, Deputi Menko PMK Bidang Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Yan Manggesa, dan Dirut RS Zainoel Abidin Fachrul Jamal, disambut oleh Wakil Direktur RSUD Zainoel Abidin Isra Firmansyah.

Selain melihat perkembangan terkini perawatan medis terhadap para korban, Menko PMK juga menyerahkan sejumlah bantuan antara lain sarung, tas, buku bacaan, dan sebagainya.

Puan juga menyemangati dan mendoakan langsung beberapa pasien, sekaligus menyalurkan sumbangan dari Kementerian Sosial dalam bentuk uang masing-masing Rp5 juta kepada tiga korban bencana atas nama Jamaluddin, Rabiah Makam, dan Ramadan.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4397 seconds (0.1#10.140)